Pantai Pulau Merah

Destinasi Banyuwangi Tiket Masuk Rp15,000 Adventure Level

Deskripsi Singkat Pantai Pulau Merah

Banyuwangi memang terkenal dengan keindahan alamnya. Mulai dari perbukitan, taman nasional, hingga jajaran Pantai indah di ujung timur pulau Jawa. Yang sangat menggiurkan bagi para wisatawan yang haus akan pengalaman menikmati alam. Ada puluhan Pantai yang mengelilingi Kabupaten Banyuwangi. Salah satu yang paling terkenal dan menjadi primadona wisata Kota Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah.

Pantai ini berupa hamparan pasir putih yang memanjang hingga 3 km. Pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia ke arah selatan.

Pasir di Pantai ini memiliki warna putih dan terkadang terlihat agak pink atau kemerahan. Dimana tidak jauh dari bibir pantai tersebut Terdapat bukit kecil yang sangat cantik setinggi 200 M.

Di bagian timur, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan pegunungan. Sedangkan di bagian barat, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan sunset yang sangat indah.

Selain pemandangan menawan yang dimilikinya, pantai ini memiliki ombak yang sangat bagus setinggi 2 meter dengan panjang kurang lebih 300 meter yang dikelilingi oleh pohon mangrove.

Keamanan berwisata di Pantai ini sangat diutamakan. Terdapat petugas yang menjaga sekaligus mengamankan apabila ada kecelakaan atau sesuatu yang tidak di inginkan, terutama kepada mereka yang melakukan renang di Pantai.

Selain itu, juga terdapat tower setinggi 5 meter yang digunakan oleh petugas ini untuk memantau dan memastikan keamanan keadaan di sekitarnya.

 

Sejarah Pantai Pulau Merah

Sebelum kita menikmati keindahannya, mari kita menikmati dulu berbagai macam mitos dan misteri yang ada di kawasan ini.

Tempatnya yang berada di kawasan Alas Purwo membuat tempat ini terasa kuat aroma misteri dan mistisnya. Seperti diketahui, bahwa Alas Purwo adalah sebuah hutan yang dikenal cukup angker.

Sebelum memiliki nama Pulau Merah, pantai ini terlebih dahulu dikenal oleh warga dengan nama Ringin Pintu. Pulau Merah sendiri diberikan oleh para wisatawan yang mengunjungi kawasan ini.

Karena namanya semakin hari semakin dikenal, akhirnya, pemerintah setempat mengganti nama pantai ini menjadi Pulau Merah.

Nama Pulau Merah sendiri diambil dari sebuah pulau yang terdapat di sekitar pantai ini. Nah, pasir di pulau tersebut berwarna merah.

Hanya saja kamu tidak bisa melihat secara langsung pasir tersebut lantaran tertutup oleh pepohonan yang menjulang tinggi.

Selain itu nama merah juga diambil dari sebuah fenomena unik yang terjadi di kawasan ini dimana warna pasir ini akan berubah menjadi warna merah pada sore hari.

Perubahan warna ini dipengaruhi dari air dan paparan sinar senja yang hendak tenggelam. Warna merah ini akan tampak sekali terlihat bila sobat native datang pada saat musim kemarau.

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Banyuwangi