Tour Jogja – Yogyakarta, sebuah kota yang memikat dengan keindahan alamnya dan kekayaan budaya yang melimpah. Terkenal sebagai kota pelajar dan surganya gudeg, Yogyakarta juga memancarkan pesona budaya Jawa yang tak tertandingi.

Dari keajaiban peninggalan sejarah seperti keraton hingga budaya berupa batik yang terjaga dengan baik hingga saat ini, semuanya ada di Kota Yogyakarta. Setiap sudut kota ini memancarkan keberagaman budaya yang memikat, menjadikannya destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Menelusuri Sejarah Masa Lampau di Keraton Yogyakarta

Credit : Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta

Wisata budaya di Yogyakarta tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi Keraton Yogyakarta. Sebuah istana yang didirikan pada tahun 1775 dan menjadi pusat Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat menjadi simbol budaya Jawa yang masih hidup dan dilestarikan hingga saat ini.

Pengunjung dapat menjelajahi bangunan-bangunan yang ada di keraton, pengunjung akan merasakan pengalaman yang berharga karena disuguhkan oleh arsitektur tradisional pada bangunan keraton dan juga berbagai benda-benda bersejarah yang menjadi bukti kemegahan keraton dari zaman dahulu.

Kulineran Makanan Khas Yogyakarta

Credit : Kompas

Yogyakarta adalah salah satu tempat yang bisa dipertimbangkan untuk melakukan wisata kuliner. Hal ini karena Yogyakarta memiliki banyak jenis makanan dengan rasa yang beragam, pengunjung dapat merasakan makanan khas Yogyakarta yaitu gudeg. 

Gudeg adalah sajian yang dibuat dari nangka muda atau gori yang kemudian direbus dengan gula merah dan santan dalam beberapa jam. Sajian ini sering dihidangkan bersama dengan nasi putih, ayam kampung, krecek, telur, tahu dan tempe, salah satu warung gudeg terkenal di Yogyakarta adalah Gudeg Yu Djum.

Selain gudeg, Yogyakarta memiliki makanan lain seperti soto bathok, sate klathak, tiwul, brongkos, jadah tempe, dan masih banyak lagi. Mencicipi kuliner-kuliner khas ini akan menambah pengalamanan perjalanan di kota istimewa ini.

Menyaksikan Pertunjukkan Wayang Kulit

Credit : Museum Sonobudoyo

Wayang kulit, seni pertunjukan boneka bayangan yang terbuat dari kulit kerbau, merupakan salah satu warisan budaya Jawa yang masih dilestarikan di Yogyakarta. Pertunjukan wayang kulit biasanya diadakan di malam hari, dengan dalang sebagai pencerita dan pengendali boneka. 

Cerita yang dibawakan dalam wayang kulit biasanya berasal dari epos Mahabharata atau Ramayana, dengan pesan moral yang mendalam. Menyaksikan pertunjukan wayang kulit di Yogyakarta adalah sebuah pengalaman budaya yang tak terlupakan, wisatawan dapat mengunjungi tempat-tempat yang sering mengadakan pertunjukkan wayang, seperti di Museum Sonobudoyo atau taman budaya.

Mengagumi Keindahan Istana Air Taman Sari

Credit : Travel Kompas

Taman Sari Yogyakarta dibangun pada masa pemerintahan Sultan HB I pada tahun 1765, situs ini dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan dan hiburan bagi sultan dan keluarganya. Taman Sari memiliki arsitektur dengan perpaduan gaya Jawa dan Portugis, sering disebut sebagai istana air karena di istana ini terdapat beberapa pemandian yang digunakan oleh keluarga keraton dengan mengambil sumber air dari Sungai Winongo.

Wisatawan yang mengunjungi situs ini akan merasakan kembali ke masa lampau dimana bangunan dengan arsitektur khas berdiri, selain itu wisatawan juga dapat melihat dan berfoto di beberapa bagian bangunan kompleks Taman Sari yang menakjubkan dan memiliki fungsi tersendiri.

Mempelajari Batik

Credit : Kompas

Batik adalah sebuah karya seni bangsa Indonesia yang sudah mendunia dan diakui UNESCO pada tahun 2009, karena memiliki simbolisme, pembuatan unik, dan budaya yang melekat dengan kebudayaan Indonesia. 

Sejak dulu, batik telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Jawa, batik digunakan dalam berbagai acara adat dan tradisi. Yogyakarta adalah salah satu kota yang kuat dalam pelestarian batik, baik sebagai karya seni maupun sandangan. Batik memiliki berbagai jenis motif dan tiap daerah memiliki motif khas daerah mereka seperti motif kawung dan motif parang pada batik Yogyakarta.

Wisatawan dapat mengunjungi Museum Batik Yogyakarta di Kota Yogyakarta untuk melihat dan mempelajari sejarah batik di Yogyakarta dan sekitarnya, atau wisatawan juga dapat mengunjungi desa wisata yang menawarkan batik sebagai wisata, contohnya seperti Kampung Batik Giriloyo yang terletak di Kabupaten Bantul.

Yogyakarta adalah sebuah kota yang menawarkan kebudayaan dan tradisi tidak ternilai harganya dan menarik untuk dikunjungi. Mengunjungi Yogyakarta dapat meninggalkan kesan yang tidak terlupakan dan menambah pengetahuan tentang kebudayaan yang ada di Yogyakarta, segera rencanakan liburanmu di kota istimewa ini dan coba jelajahi keraton sampai batik yang ada!