Tour Solo  – Solo, atau yang dulunya dikenal sebagai Surakarta, bukan hanya terkenal dengan budayanya yang kaya dan keramahan penduduknya. Solo juga merupakan surga bagi para pecinta kuliner. Kota ini menawarkan berbagai hidangan lezat yang menggoda selera, mulai dari makanan populer hingga hidden gem.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa hidden gem kuliner di Solo yang tidak kalah lezatnya dengan kuliner-kuliner terkenal lainnya? Hidden gem kuliner ini mungkin tidak seterkenal kuliner-kuliner lainnya di Solo, tetapi dijamin akan membuat kamu ketagihan.

Penasaran apa saja hidden gem kuliner Solo yang siap bikin kamu ketagihan? Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

Sate Buntel Badran

Credit: Wonosobozone

Terletak di Jl. Kenanga No.59, Badran, Purwosari, Laweyan, Sate Buntel Badran menawarkan cita rasa sate kambing yang unik dan lezat. Menu andalan di sini adalah sate buntel, yaitu sate yang terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus lemak tipis.

Sate buntel memiliki rasa gurih dan empuk, dipadukan dengan bumbu kacang yang kaya rempah. Selain sate buntel, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti sate daging, tongseng, dan gulai kambing.

Harga menu di Sate buntel badran cukup terjangkau, berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 100.000 per porsi. Sate Buntel Badran buka setiap hari dari pukul 11.00 hingga 20.00 WIB. Tempat ini cocok banget untuk dijadikan tempat makan siang, makan malam, atau kumpul bareng keluarga dan teman.

Angkringan Omah Semar

Credit: Tribun Travel

Angkringan Omah Semar terletak di Jalan Horego No. 98, Laweyan, Solo. Tempatnya cukup mudah ditemukan dan memiliki area parkir yang luas. Angkringan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Menu andalan Angkringan Omah Semar adalah nasi kucingnya yang terdiri dari berbagai lauk pauk, seperti oseng-oseng, tempe orek, telur pindang, dan sambal goreng ati. Kamu juga bisa mencoba menu lain seperti nasi liwet, nasi goreng, dan mie goreng. Untuk minumnya, tersedia berbagai macam wedang hangat dan kopi.

Kisaran harga menu di Angkringan Omah Semar cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000. So, buat kamu yang sedang mencari tempat makan murah dan enak di Solo, Angkringan Omah Semar adalah pilihan tepat! Kamu dapat berkumpul bersama teman ataupun keluarga sambil menyantap makanan lezatnya.

Waroeng Gandroeng

Credit: Gugatnews

Nah, buat kamu yang sedang mencari tempat makan hidden gem di Solo, Waroeng Gandroeng wajib masuk dalam list kulinermu! Terletak di Colomadu, Karanganyar, Waroeng Gandroeng menawarkan suasana pedesaan yang asri dan instagramable.

Menyantap hidangan lezat sambil dikelilingi pemandangan sawah hijau yang menyejukkan mata pasti akan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Menu andalan di Waroeng Gandroeng adalah mangut lele asapnya yang gurih dan pedas.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai hidangan khas Jawa lainnya seperti ayam goreng, bebek goreng, dan aneka sayur. Harganya pun cukup terjangkau, berkisar antara Rp10.000 hingga Rp25.000 per porsi. Waroeng Gandroeng buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 10 malam.

Gudeg Koyor Mercon Sumringah

Credit: GoFood

Terletak di Jalan Siwalan, Laweyan, Solo, Gudeg Koyor Mercon Sumringah, kuliner hidden gem Solo ini menawarkan menu gudeg yang lezat dengan sensasi pedas yang bikin nagih. Menu andalan mereka adalah Nasi Gudeg Koyor Mercon yang terdiri dari nasi gudeg yang pulen dengan topping koyor pedas dan disiram kuah areh yang gurih.

Selain itu, gudeg koyor mercon juga menyediakan berbagai menu lain seperti nasi ayam tempong, nasi paru, dan aneka lauk pauk. Gudeg Koyor Mercon Sumringah buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 10 malam. Harga menunya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 30.000.

Serabi Notosuman

Credit: Tribun Travel

Setelah banyak mencicipi makanan berat, saatnya kamu coba makanan ringan sekaligus legit satu ini. Terletak di Jl. Ujung Notosuman No. 47, Serabi Notosuman menawarkan serabi khas Solo yang lembut dan legit dengan berbagai pilihan topping yang menggoda.

Menu andalan Serabi Notosuman tentu saja serabinya yang terbuat dari tepung beras dan santan. Serabi ini dimasak diatas tungku tanah liat sehingga menghasilkan aroma yang khas dan tekstur yang lembut.

Kamu bisa memilih serabi original dengan topping gula merah atau berbagai topping kekinian seperti coklat, keju, pisang, dan nangka. Serabi Notosuman buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 sore. Harga serabinya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 5.000 untuk serabi original dan Rp 7.000 untuk serabi dengan topping.

Nah, itu dia 5 hidden gem kuliner Solo yang menawarkan rasa unik dan otentik yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. So, tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi Solo dan cicipi hidden gem kuliner-kuliner lezat ini!

Paket Wisata di Karanganyar

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Karanganyar