Paket Wisata Jogja Jogja, selalu punya tempat di hati setiap orang yang mengunjunginya. Tak hanya itu, di kota ini juga menyajikan keindahan alam dan pesona pantai yang menyatu dalam harmoni yang sempurna. 

Jika kamu mencari petualangan yang menyegarkan di tepi laut, Jogja memiliki sejumlah pantai yang memikat hati. Dari pantai yang ramai hingga yang tersembunyi. 

Berikut adalah 7 pantai di Jogja yang wajib kamu kunjungi untuk merasakan keindahan alam yang memukau.

Pantai Parangtritis

Credit: pinterest

Pantai Parangtritis adalah destinasi pantai paling terkenal di Jogja. Dengan pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar, pantai ini menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Selain menikmati pemandangan laut yang memukau, kamu juga dapat menikmati aktivitas seperti berkuda di sepanjang pantai atau menikmati sunset yang spektakuler di sore hari.

Pesona Pantai Parangtritis tidak bisa lepas dari mitos Ratu Pantai Selatan yang sudah sangat terkenal di Indonesia, Nyi Roro Kidul. Berkaitan dengan mitos yang beredar mengatakan bahwa wisatawan yang datang tidak diizinkan memakai baju berwarna hijau.

Pantai Drini

Credit: wikipedia

Terletak di wilayah Gunungkidul, Pantai Drini adalah destinasi pantai yang masih relatif sepi dan tersembunyi. Dikelilingi oleh tebing-tebing karst yang menjulang tinggi, pantai ini menawarkan pemandangan alam yang dramatis. 

Kamu dapat menikmati suasana yang tenang sambil bersantai di bawah naungan pohon kelapa yang rindang.

Pantai Drini menjadi salah satu pantai istimewa di pesisir Gunungkidul karena sebuah pulau kecil di tengahnya, membagi pantai menjadi dua bagian. Konon di pulau tersebut banyak ditumbuhi santigi (Pemphis acidula), atau masyarakat di sini biasa menyebutnya drini. 

Pantai Krakal

Credit: tripadvisor

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul. Pantai ini memiliki pasir putih halus dan ombak yang cukup besar, menawarkan pengalaman berenang yang menyegarkan. 

Selain itu, kamu juga dapat menjelajahi gua-gua kecil di sekitar pantai atau sekedar bersantai di tepi pantai sambil menikmati segarnya angin laut.

Krakal atau kerikil adalah batu-batuan kecil yang tersebar. Oleh sebab itu, sesuai dengan namanya, di pantai ini kamu bisa menemukan bebatuan di sepanjang bibir pantai yang terlihat sangat cantik.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Romantis yang Menjadi Spot Prewedding Terfavorit di Jogja

Pantai Ngobaran

Credit: travel kompas

Pantai Ngobaran adalah salah satu pantai yang paling unik di Jogja. Terletak di sebelah timur Pantai Parangtritis, pantai ini terkenal karena adanya ritual Petik Laut yang dilakukan setiap tahunnya. 

Selain itu, pantai ini juga memiliki keindahan alam yang memikat, dengan tebing-tebing karst yang menjulang tinggi di sepanjang pantai.

Pantai Indrayanti

Credit: jogjakita

Pantai Indrayanti adalah destinasi pantai yang populer di Jogja. Terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Pantai ini dikenal juga dengan sebutan Pantai Pulang Sawal.

Dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, pantai ini menawarkan pemandangan alam yang memesona. Kamu dapat bersantai di tepi pantai sambil menikmati segarnya angin laut atau mencoba berbagai jenis makanan laut segar di warung-warung pinggir pantai.

Di sebelah timur Pantai Indrayanti, terdapat pula pantai lain yang tak kalah menarik seperti Pantai Somandeng, Pantai Sundak, Pantai Ngandong, dan Pantai Sadranan.

Pantai Wediombo

Credit: gora juara

Pantai Wediombo adalah destinasi pantai yang masih tersembunyi di Jogja. Dikelilingi oleh tebing-tebing karst yang menjulang tinggi, pantai ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. 

Cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana pantai yang tidak terlalu ramai. Disini kamu dapat menikmati suasana yang tenang sambil berenang di air laut yang jernih atau menjelajahi gua-gua kecil di sekitar pantai.

Pantai Baron

Credit: traveloka

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata pantai yang unik karena memiliki dua jenis air, yaitu air asin dan air tawar. 

Selain itu, Pantai Baron juga memiliki spot foto menarik yakni mercusuar, spot ini tidak dimiliki oleh pantai di Gunungkidul lainnya. Di mercusuar kamu bisa melihat keindahan alam di sekitar pantai dari ketinggian.

Itulah 7 pantai di Jogja yang wajib kamu kunjungi untuk merasakan keindahan alam yang memikat. Dari Pantai Parangtritis yang ramai hingga Pantai Drini yang tersembunyi, setiap pantai menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya. 

Jadi, buatlah perjalananmu ke Jogja menjadi petualangan yang menyenangkan dengan menjelajahi keindahan alam yang luar biasa ini.