Tour Jogja –  Jauh dari hiruk pikuk kota, terdapat desa wisata di Jogja yang menyajikan pesona alam dan kaya akan kehidupan masyarakat lokal berbudaya. Berkeliling ke desa-desa ini akan membuat kamu merasakan kehangatan dari keramahan penduduk setempat. Selain itu, kamu juga bisa menepi sejenak dari keramaian kota dan menyatu dengan alam serta kearifan lokal.

Desa-desa wisata yang berikut tidak hanya menawarkan pemandangan yang memesona, tetapi juga memperkenalkan kamu pada warisan budaya yang kaya dan gaya hidup yang masih kental dengan tradisi. Dari tradisi menganyam, membatik, hingga musik tradisional yang mengalun, setiap sudut desa memancarkan kehidupan dan kearifan lokal tidak biasa ditemui di kehidupan sehari-hari.

Yuk, siapkan dirimu untuk memasuki dunia yang berbeda, tempat di mana waktu berjalan lebih lambat dan kehidupan mengalir dalam harmoni dengan alam. Berikut beberapa rekomendasi desa wisata yang wajib kamu kunjungi di Kota Jogja.

Desa Wisata Nglanggeran

Credit : Tirto ID

Desa Nglanggeran wajib masuk daftar saat berkunjung di Jogja. Selain menawarkan keindahan alamnya, tempat ini juga memiliki reputasi yang baik, terutama setelah meraih penghargaan bergengsi sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 dari UNWTO.

Salah satu daya tarik utamanya adalah Gunung Api Purba yang menawarkan pengalaman ekowisata yang tak terlupakan. Desa wisata ini juga menyajikan panorama Gunungkidul dari puncak gunung yang sangat menakjubkan.

Namun, kekayaan Desa Nglanggeran tidak hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga pada kearifan lokal yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Disini kamu akan diajak untuk merasakan kehangatan dan kebersamaan dengan bergabung dalam kegiatan budaya seperti mempelajari alat musik karawitan atau mengenal seni budaya lokal seperti reog Mataram.

Keberagaman wisata di Desa Nglanggeran menjadi daya tarik tambahan, dari peternakan kambing etawa, pesona mistis Kampung Pitu, hingga menjelajahi Desa Bobung yang terkenal sebagai kawasan perajin topeng kayu, serta menikmati cokelat tradisional di Griya Coklat Nglanggeran. Desa Nglanggeran siap menyambut pengunjung menjelajahi keajaiban alam dan budaya yang ditawarkannya.

Desa Wisata Kali Gajah Wong

Credit : Tribun Jogja

Wisata Kali Gajah Wong menjadi objek wisata populer bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sejak tahun 2020, jumlah pengunjungnya terus meningkat, menarik perhatian orang-orang dari berbagai penjuru untuk menyaksikan keindahan alam yang ditawarkan oleh kampung wisata yang terletak di Desa Giwangan.

Awalnya, Kali Gajah Wong terlihat kumuh dan tidak terurus. Namun, melalui upaya kolaboratif antara warga lokal dan pemerintah, sungai yang dianggap sebagai warisan lokal ini kini telah berubah menjadi objek wisata yang menarik banyak wisatawan. Sekarang, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang segar sambil memberi makan ikan di saluran air yang diubah menjadi kolam ikan. 

Salah satu daya tarik utama dari Wisata Kali Gajah Wong adalah Dermaga Cinta yang menjadi ikon favorit para pengunjung. Dengan biaya yang terjangkau untuk naik kapal, wisatawan dapat menikmati menikmati momen romantis di tengah keindahan alam.

Desa Wisata Pulesari

Credit : Ning Jogja

Desa Wisata Pulesari terletak di Desa Wonokerto, Turi, Sleman, menawarkan pengalaman wisata dengan suasana pedesaan yang khas. Pengunjung dapat langsung merasakan ketenangan dan keaslian hidup desa.

Salah satu daya tarik utama Desa Wisata Pulesari adalah kawasan budidaya salaknya yang tertata rapi. Potensi salak ini menjadi bagian dari objek wisata yang ditawarkan, pengunjung akan diajak belajar mengenai budidaya salah dan berbagai produk olahan salak.

Selain itu, Desa Wisata Pulesari juga cocok sebagai tempat untuk menyelenggarakan outbond, karena disini ada banyak kegiatan wisata yang ditawarkan seperti trekking, fun games, dan river tracking. River tracking merupakan aktivitas menjelajahi keindahan sungai yang masih alami dengan berbagai wahana menarik seperti titian bambu, jembatan goyang, air terjun, dan gua yang menantang.

Bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman hidup di pedesaan secara langsung, Desa Wisata Pulesari juga menyediakan homestay yang nyaman dengan harga terjangkau. Dengan menginap di homestay, para pengunjung dapat berinteraksi dengan penduduk desa dan merasakan kehangatan sapaan serta keramahan masyarakat lokal.