Tour DiengBagi para pecinta alam, akan tidak lengkap rasanya bila kamu belum mencantumkan Dataran Tinggi Dieng sebagai salah satu tujuan liburanmu berikutnya. Dataran Tinggi Dieng sering juga disebut Dieng Plateau.

Dieng berada diantara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Terletak di ketinggian 2.093 mdpl, udara di Dieng benar-benar dingin! Jadi, nggak heran ya kenapa Dieng dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan.

Saat berkunjung di Dieng pasti terbayang kegiatan yang bisa dinikmati hany melihat Gunung saja. Lalu,  kegiatan apa saja yang bisa dilakukan ketika datang ke sana ya? Penjelasannya ada di bawah ini.

Menikmati Sunrise dari Puncak Sikunir

Credit: Wikimedia

Demi bisa melihat keindahan sunrise ini, kamu harus bangun pagi-pagi bener sekitar pukul 04:00 mengingat kamu harus melakukan trekking yang cukup jauh dan melelahkan.

Bisa bayangkan saat udara Dieng masih sangat dingin harus sudah mulai trekking paling lambat pukul 06.00 WIB? Bukan hanya karena ramainya pengunjung yang sama antusiasnya denganmu, tetapi juga jalan menuju ke Puncak Sikunir begitu sempit dan banyak lubang.

Jalanan gunung tidak ada yang disemen dan semua masih alami termasuk pegangan untuk naik juga hanya bisa mengandalkan tanaman yang ada di sekitar. Tapi semua usaha dan rasa lelah akan terbayar ketika sudah sampai di puncak.

Menikmati Telaga Warna dan Telaga Pengilon

credit: kompas

Salah satu destinasi yang enggak boleh luput dari itinerary adalah dengan mampir ke Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Dua telaga ini akan lebih indah dilihat dari ketinggian atau dari Batu Ratapan Angin.

Hal yang membedakannya adalah Telaga Warna yang berwarna hijau tosca dan Telaga Pengilon yang berwarna kecoklatan. Bisa dilihat, keindahan dua danau ini semakin bertambah karena dikelilingi oleh hutan yang rimbun.

Namun, indahnya pemandangan tak seindah baunya karena ketika kamu mendekat maka bau belerang begitu menyengat dan menusuk hidung yang berasal dari Telaga Warna ini. Jadi jangan lama-lama, bau belerang tidak  baik buat kesehatan paru-paru.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata dengan Pesona Keindahan Negeri Atas Awan di Dieng

Merasakan Flying Fox di Telaga Warna

Credit: sumbingsegar

Di area Telaga Warna kamu bisa main flying fox, beneran! Bagi yang punya nyali besar, boleh untuk mencoba main flying fox di Telaga Warna. Panjang flying fox-nya sekitar 75-100 meter dengan ketinggian 3-5 meter, dan pastinya kamu akan melayang dan melewati Telaga Warna ini.

Bagi kamu yang ingin bermain flying fox, perlu  membayar Rp 50.000. Dengan harga tersebut kamu dapat menikmati pemandangan alam Dieng sembari meluncur. Kapan lagi bisa menikmati flying fox dengan keindahan luar biasa.

Menonton Film Dokumenter Dieng di Dieng Plateau Theater

credit: magelang ekspres

Di theater ini, para pengunjung diedukasi dengan cerita tentang Dataran Tinggi Dieng, budaya, dan sejarahnya. Sekilas informasi, Dataran Tinggi Dieng merupakan dataran tinggi vulkanik dan kamu bisa melihat serta mencium secara jelas bau-bau belerang ketika berada di luar ruangan. Sehingga tak heran tanah di Dieng ini begitu subur.

Jadi, bagi pecinta film dokumenter, jangan lewatkan kegiatan ini ketika kamu berada di Dataran Tinggi Dieng ya! Filmnya tidak membosankan dan durasi juga tidak terlalu lama sekitar 1,5 jam.

Mengunjungi Kawah Sikidang

Credit: Seputar Pangandaran

Kawah ini adalah kawah aktif paling besar yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Satu telaga air panas dan lapangan celah gas yang titik-titiknya selalu berpindah tempat. Akibatnya  masyarakat menyebutnya kidang atau kijang yang senang melompat-lompat.

Kawah Sikidang menjadi salah satu tujuan yang wajib dikunjungi ketika berada di Dataran Tinggi Dieng. Walaupun ukuran kawah tidak begitu besar, panas dan bau yang dihasilkan begitu terasa bahkan di udara dingin Dataran Tinggi Dieng sekalipun. 

Jadi, kalau mampir ke sini siap-siap bawa masker ya! Untuk jam buka setiap hari jam 08.00-16.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Untuk kendaraan, akan dikenakan biaya parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Nah, itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Apabila kamu mau mengajak teman atau keluarga buat liburan, percayakan saya pada biro tour yang tepat. Labiru Tour solusinya!

Paket Wisata di Dieng

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Dieng