Tour Labuan Bajo – Labuan Bajo merupakan salah satu tempat wisata paling populer saat ini yang letaknya ada di ujung barat Pulau Flores. Tempat ini bukan hanya menjadi destinasi wisata yang terkenal akan pesona keindahan alam yang mengagumkan, tetapi juga karena kekayaan kulinernya yang khas dan menggugah selera.

Bagi para pengunjung yang datang ke kota kecil ini, pengalaman wisata kuliner di Labuan Bajo adalah sebuah petualangan rasa yang menjadi momen tak terlupakan. Mulai dari hidangan laut segar yang diambil langsung dari perairan sekitar, hingga masakan tradisional yang kaya akan rempah, setiap gigitan tentu menawarkan kelezatan yang menggugah selera.

Baca Juga: 10 Aktivitas Seru Saat Liburan di Labuan Bajo yang Bisa Kamu Coba, Dijamin Seru!

Credit : Liputan6.com

Ketika sedang berlibur dan melintasi sekitaran lokasi wisata yang ada di Labuan Bajo, kamu akan menjumpai berbagai pilihan tempat untuk menikmati santapan kuliner enak, mulai dari kedai pinggir jalan yang masih sederhana hingga restoran tepi laut yang nyaman.

Labuan Bajo mengajak para pengunjung untuk memulai perjalanan wisata kuliner dimana setiap hidangan yang disajikan menceritakan kisah tradisi, cita rasa, dan keahlian kuliner lokal. Berikut rekomendasi kuliner khas Labuan Bajo yang wajib dicoba ketika sedang berwisata.

Se’i Sapi

Credit : Paket Wisata Labuan Bajo Tour

Hidangan ini merupakan salah satu menu kuliner khas yang wajib dicoba ketika kamu sedang berkunjung ke Labuan Bajo. Se’i sapi adalah hidangan berupa daging sapi yang diasapi dengan menggunakan kayu khusus hingga matang sempurna.

Proses pengasapan yang memakan waktu cukup lama ini, nantinya akan menghasilkan daging yang memiliki tekstur lembut berlemak ditambah dengan rasa rempah dan aroma asap yang khas. Biasanya menu satu ini akan disajikan bersamaan dengan nasi putih hangat, sambal pedas, dan juga sayuran rebus.

Jagung Bose

Credit : Grid.ID

Hidangan ini terbuat dari jagung yang dimasak bersama dengan santan sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan rasa yang gurih. Selain jagung, isian pelengkap dari menu kuliner satu ini diantaranya terdiri dari kacang merah, kacang hijau, daun labu, dan daun pepaya. Menu sajian jagung bose sangat cocok disantap pada saat cuaca sedang dingin.

Kuliner ini seringkali disajikan dengan menu lain seperti se’i sapi atau ikan bakar, dan juga sambal khasnya yang pedas yakni sambal lu’at Jagung bose tidak hanya memiliki citarasa yang lezat, tetapi juga mencerminkan cara hidup masyarakat setempat yang bersahaja namun penuh rasa syukur terhadap alam dan hasil buminya.  

Rumpu Rampe

Credit : Kompas.com

Rumpu rampe adalah hidangan khas Labuan Bajo yang terdiri dari berbagai campuran sayuran hijau diantaranya seperti daun pepaya, daun singkong, jantung pisang, dan bunga pepaya yang diolah bersamaan dengan bumbu dan rempah tradisional sehingga menghasilkan rasa gurih pedas namun ada sedikit rasa pahit yang berasal dari daun pepaya. 

Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan juga lauk pendamping seperti ikan bakar atau se’i sapi. Bagi para wisatawan, mencicipi sajian kuliner rumpu rampe adalah cara terbaik untuk memuaskan selera di Labuan Bajo sekaligus dapat memperkenalkan pada kelezatan rasa dan kearifan lokal yang telah diwariskan secara turun-temurun. 

Ikan Kuah Asam

Credit : Eduhistoria

Ikan kuah asam merupakan salah satu sajian menu paling populer yang ada di Labuan Bajo. Hidangan ini biasanya terdiri dari ikan segar yang dimasak dalam kuah yang banyak dan ditambah dengan campuran asam jawa, belimbing wuluh, atau bisa juga perasan jeruk nipis sehingga menghasilkan kuah yang bercita rasa segar dan asam yang khas.

Pemilihan ikan yang digunakan untuk hidangan ini tidak bisa sembarangan. Biasanya ikan yang dipilih adalah jenis ikan yang berlemak seperti halnya ikan cakalang, kembung, tongkol atau ikan tuna. Bagi para wisatawan, mencicipi ikan kuah asam adalah cara paling sempurna untuk merasakan keanekaragaman kuliner sekaligus pengalaman tak terlupakan di Labuan Bajo.

Baca Juga: Rekomendasi Penginapan Labuan Bajo dengan Pemandangan Langsung Ke Laut Lepas

Dengan mengeksplorasi kuliner khas ketika berwisata di Labuan Bajo, para pelancong tidak hanya memuaskan selera dan rasa yang ada pada diri, tetapi juga turut merasakan kekayaan alam dan kehangatan budaya yang diberikan oleh masyarakat setempat.

Setiap pengalaman kuliner bukan hanya sekadar mencicipi segala hidangan lokal yang lezat, tetapi juga menghadirkan petualangan rasa dalam setiap gigitan yang dapat membuka mata dan hati terhadap keindahan dan kearifan lokal di ujung timur Indonesia ini.