Tour Solo  – Solo merupakan kota yang kecil dibandingkan kota lain di Jawa Tengah. Namun, Kota Solo memiliki berbagai daya tarik bagi wisatawan. Mulai dari kuliner, sejarah, pemandangan, dan tempat menarik lainnya. Wisatawan biasanya tidak hanya mengunjungi Kota Solo saja, tapi juga Karesidenan Solo yang disebut Soloraya.

Salah satu wisata favorit yang disukai anak muda di Solo yaitu tempat untuk berburu sunset di kala sore hari. Menikmati sunset selain dapat menimbulkan candu karena keindahan pesonanya, ternyata juga bisa sebagai obat stres sepulang kerja atau kuliah. 

Untuk itu, artikel ini pas buat kamu yang sedang mencari tempat sunset mana saja yang memiliki pemandangan terbaik. Berikut spot berburu sunset di Soloraya. Simak dengan baik ya.

Waduk Cengklik

Credit: Kompas

Waduk yang menjadi kebanggaan warga Boyolali ini memiliki panorama keindahan alam yang cantik luar biasa. Lokasi dari waduk ini berada di Desa Ngargorejo dan Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Kawasan waduk ini berada di dekat Bandara Adi Soemarmo Solo, sehingga memudahkan juga wisatawan yang menggunakan pesawat untuk menikmati sunset di Soloraya bisa langsung ke Waduk Cengklik, yang kebetulan lokasinya hanya berjarak kurang lebih 2 kilometer dari bandara.

Pemandangan langit jingga semburat yang dipadukan dengan pantulan air yang mengkilap menjadikan waduk ini menjadi estetik dalam menikmati suasana sore hari dan menikmati keindahan sunset hingga menuju langit gelap.

Keraton Surakarta

Credit: Inibaru

Bangunan Keraton sejatinya dianggap sebagai wisata sejarah yang hanya menyajikan serba-serbi Kerajaan Kuno. Namun berbeda dengan Keraton Surakarta. Keraton ini ketika sore hari justru menyajikan keindahan yang luar biasa.

Di kala sore hari kita dapat menikmati langit senja merah jingga. Lebih lanjut dengan menikmati matahari terbenam di tengah-tengah gedung-gedung tua yang menambah kesan estetik.

Selain itu kita juga dapat menonton aktivitas masyarakat keraton di kala sore hari. Cara menikmati senja di area Keraton Surakarta juga tak harus di gerbang masuk Keraton saja. 

Tetapi, kita juga menikmati senja di Alun Alun Kidul sembari menikmati berbagai makanan dan minuman yang dijajakan oleh masyarakat sekitar sembari menonton kerbau-kerbau keramat Solo digiring masuk ke kandang.

Pinggir Landasan Bandara Adi Soemarmo

Credit: tribunsolotravel

Bandara yang sejatinya digunakan untuk tempat orang bepergian menggunakan pesawat justru bisa jadi tempat wisata. Pinggir landasan Bandara Adi Soemarmo ini dikala sore hari, dijadikan masyarakat atau mahasiswa sebagai spot menikmati senja.

Pemandangan yang disuguhkan dari pinggiran yaitu pemandangan langit sore hari yang luar biasa. Dalam menikmati suasana sore hari, kita juga bisa melihat beberapa pesawat yang landing maupun yang akan take-off di bandara ini.

Namun dalam menikmati senja di pinggir landasan Bandara Adi Soemarmo ini kita harus hati-hati, dikarenakan sekitar wilayah tersebut terdapat area jangkauan jalan untuk landing pesawat.

Kalau tidak hati-hati dan melanggar batas, bisa saja membuat kita tertabrak pesawat yang akan landing. Apalagi jika kita tak hati-hati memperhatikan sinyal atau tanda ketika ada pesawat yang akan landing.

Baca Juga: Wisata Alam Indah di Kota Solo Yang Susah DIlupakan

Taman Bendungan Tirtonadi

Credit: solotourismpromotionboard

Berlokasi di seberang terminal, Taman Bendungan Tirtonadi menawarkan konsep ngabuburit asik. Nuansa pemandangannya asri. Dengan gemercik air sungai yang menyenangkan. 

Pepohonan yang rindang dengan deretan kursi membuat suasana bendungan terlihat sejuk, terutama saat sore hari. Ada dua tempat yang cocok untuk dikunjungi. Yakni di taman sisi utara dan selatan bendungan sungai. 

Semuanya menawarkan suasana asri yang sama. Serta beberapa stand makanan tampak berjejer rapi melengkapi suasana yang ada. Selain itu ada spot foto berupa bingkai raksasa.

Tawangmangu

Credit: Pinimg

Daerah dataran tinggi di Kabupaten Karanganyar ini dikenal sebagai tempat paling cocok buat menikmati senja yang ada di area Soloraya. Terdapat beberapa cara untuk menikmati pemandangan sunset di sini.

Pertama, pemandangan senja sore dapat dinikmati sambil melihat keadaan Kota Solo dari atas pegunungan. Kedua, kita bisa menikmati senja sambil ngopi dan ngemil di beberapa tempat ngopi sekitaran area Tawangmangu. 

Selain itu, di Tawangmangu kita dapat menikmati keindahan Gunung Lawu yang menyejukkan mata dengan suasana yang sejuk, serasa membuat beban hidup hilang seketika. 

Tempat untuk menikmati sunset terbaik di Solo sudah dipaparkan pada artikel ini. Untuk kamu yang ingin berlibur ke Solo tanpa harus mengeluarkan uang lebih, rekomendasi ini cocok untukmu. Jangan lupa untuk selalu abadikan momen terbaik di setiap kesempatannya, ya.

Paket Wisata di Karanganyar

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Karanganyar