Tour Jogja – Bicara soal wisata Jogja tidak akan ada habisnya. Jogja dikenal dengan daya tarik wisata alam pantai dan pegunungan serta wisata sejarah dan budaya jawa yang kental. Namun, siapa sangka bahwa Jogja menyuguhkan daya tarik wisata adventure tourism atau aktivitas wisata yang memacu adrenalin? 

Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui objek wisata mana saja yang menawarkan aktivitas wisata adrenalin yang recommended dicoba selama liburan di Jogja!

Pantai Timang

Credit: visitingjogja

Pantai Timang merupakan pantai pasir putih dengan daya tarik pemandangan batu besar atau Pulau Panjang yang sekaligus menjadi habitat lobster laut. Lokasinya berada di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya persis di antara Pantai Siung dan Pantai Sundak Gunungkidul.

Aksesibilitas menuju Pantai Timang cukup sulit. Pasalnya, lokasi pantai yang terpencil sehingga jalan belum teraspal dengan baik. Wisata adrenalin yang ditawarkan adalah naik gondola menuju Pulau Panjang, melintasi laut dengan jembatan gantung dan jeep tour. 

Harga yang ditawarkan pada setiap aktivitasnya amulai dari Rp150.000 – Rp450.000. Sedangkan, untuk tiket masuk wisatawan cukup membayar Rp10.000 per orang dan tiket parkir kendaraan roda dua sebesar Rp3.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp5.000. 

Goa Jomblang

Credit: visitingjogja

Goa Jomblang merupakan salah satu goa di jogja dengan keunikan bentuk yang vetikal. Keunikannya menjadi daya tarik yang menantang bagi wisatawan untuk memacu adrenalin. Goa Jomblang terbentuk dari proses geologi sehingga membutuhkan alat khusus dan keahlian untuk menjelajahinya. Lokasinya berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 

Goa Jomblang atau biasa disebut dengan cahaya surga menawarkan aktivitas wisata adrenalin seperti vertical caving, cave tubing dan photo hunt. Harga yang ditawarkan untuk caving Goa Jomblang mulai dari Rp450.000 – Rp1.000.000 termasuk dengan tiket masuk per orang. Sedangkan, tiket parkir kendaraan motor sebesar Rp3.000 dan kendaraan mobil sebesar Rp5.000. 

Pantai Siung

Credit: Piknik Wisata

Pantai Siung merupakan salah satu pantai andalan di Jogja. Lokasinya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Siung menawarkan daya tarik keindahan pasir putih dan tebing yang tinggi, sehingga secara resmi dijuluki sebagai The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta. Pantai Siung menjadi destinasi wajib bagi pecinta alam dan olahraga ekstrem. 

Selain pasir putih dan tebing, Pantai Siung menyuguhkan keindahan laut berupa batu karang dan perbukitan yang eksotis, sehingga wisatawan dapat melakukan aktivitas adrenalin seperti rock climbing, camping, trekking Bukit Pengilon dan sunrise & sunset hunt. 

Harga tiket untuk aktivitas wisata adrenalin dibanderol cukup terjangkau mulai dari Rp15.000 – Rp300.000. Adapun tiket masuk wisatawan sebesar Rp10.000 dan tiket parkir kendaraan motor sebesar Rp3.000 dan kendaraan mobil sebesar Rp5.0000.

Goa Kalisuci

Credit: Travel Kompas

Goa Kalisuci merupakan bagian dari sistem batuan karst yang unik dan langka. Keunikannya terletak pada aliran sungai sepanjang 750 meter yang terhubung ke beberapa goa diantaranya, yaitu Goa Suci, Goa Glantikan. Goa Gelung, Goa Jomblang dan Goa Grubug. Aktivitas wisata adrenalin di Goa Kalisuci menjadi langka, karena cave tubing hanya dapat ditemukan di Selandia Baru, Meksiko dan Gunung Kidul. 

Lokasi Goa Kalisuci berada di Jetis, Pacarejo, Semanu, Yogyakarta. Selain cave tubing, wisatawan dapat melakukan aktivitas adrenalin lainnya seperti river tubing dan canoe. Harga aktivitas wisata adrenalin dibanderol mulai dari Rp70.000 – Rp100.000 per orang. Wisatawan tidak dibebankan tiket masuk akan tetapi terdapat tiket parkir mulai dari Rp3.000 – Rp5.000. 

Baca juga: 10 Wisata Candi di Yogyakarta dengan Harga tiket Murah, Cuma 5 Ribu!

Gunung Api Purba Nglanggeran

Credit: Travel Kompas

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan bagian dari kawasan Geosite Gunung Sewu yang terdaftar pada UNESCO Global Park. Lokasinya berada di Desa Ngalnggeran, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Daya tariknya terletak pada proses pembentukan dasar laut yang terangkat menjadi daratan sehinga struktur kawasan didominasi oleh batuan karst yang menjulang tinggi. 

Batuan karst ini menjadi ikonik Gunung Api Purba Nglanggeran untuk melakukan aktivitas wisata adrenalin seperti cliff swing, trekking dan sunrise hunt. Adapun wisata edukasi dan budaya yang dapat ditelusuri mengenai sejarah Gunung Nglanggeran. Wisatawan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 dan tiket parkir kendaraan mulai dari Rp3.000 – Rp5.000.

Bukit Paralayang Watugupit

Credit: Pergiyuk

Bukit Paralayang Watugupit merupakan salah satu objek wisata yang populer di Jogja. Lokasinya berada di Dusun Watugupit, Purwosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Daya tarik Bukit Paralayang adalah view point untuk menyaksikan keindahan panorama Pantai Parangtritis. Letaknya di daerah perbukitan, menjadikan Bukit paralayang sebagai destinasi untuk melakukan aktivitas wisata yang memacu adrenalin.

Aktivitas wisata adrenalin yang dapat dilakukan wisatawan adalah wahana paralayang dengan view pantai yang eksotis. Selain itu, wisatawan dapat menyaksikan sunrise & sunset view dari atas bukit. Harga yang ditawarkan untuk aktivitas paralayang mulai dari Rp300.000 – Rp500.000. Sedangkan, tiket masuk wisatawan sebesar Rp10.000 per orang dan tiket parkir kendaraan mulai dari Rp3.000 – Rp5.000. 

Berani menguji adrenalin kamu di tempat wisata recommended Jogja di atas? Segera agendakan liburanmu ke Jogja dan rasakan adrenalinnya!