Tour Banyuwangi – Di ujung timur Pulau Jawa, terhampar pesona Banyuwangi yang memesona. Dijuluki “Sunrise of Java”, Banyuwangi tidak hanya memanjakan mata dengan panorama mentari terbitnya, tetapi juga menawarkan tempat wisata yang tidak terlupakan.

Lebih dari sekadar julukan unik, Banyuwangi memanjakan para pelancong dengan beragam pesona wisata yang memikat. Dari pantai eksotis dengan panorama matahari terbit yang memukau, hingga gunung berapi aktif dengan kawah biru yang menawan, Banyuwangi siap menyambut wisatawan lokal maupun mancanegara dengan tangan terbuka.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang menarik dan wajib untuk dikunjungi.

Kawah Ijen

Credit : Travel Kompas
Credit : Travel Kompas

Kawah Ijen terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, kawah ini memiliki ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Tempat ini menawarkan pemandangan kawah yang indah berwarna hijau toska, kawah belerang ini merupakan salah satu danau asam terbesar di dunia.

Tempat ini juga terkenal akan kobaran api biru yang menakjubkan hasil paparan belerang yang panas di kawah yang terbakar. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit di kawasan Kawah Ijen dengan melakukan pendakian pada dini hari.

Taman Nasional Alas Purwo

Credit : Yukbanyuwangi

Jika kamu memiliki jiwa berpetualang yang tinggi, Taman Nasional Alas Purwo dapat menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi saat di Banyuwangi. Tempat ini merupakan taman nasional yang terletak di tenggara pulau jawa, Taman Nasional Alas Purwo menawarkan pesona alam yang masih alami dan terjaga dengan baik.

Wisatawan dapat melihat hutan-hutan yang memiliki keanekaragaman hayati, pantai yang eksotis, dan savana dengan berbagai macam satwa. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas saat di taman nasional seperti menikmati keindahan alam yang masih alami, trekking, berkemah, dan berselancar di garis pantai Taman Nasional Alas Purwo.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Nonton Pertunjukkan Tari Tradisional di Yogyakarta, Gratis Hingga Berbayar

De Djawatan

Credit : Travel Kompas

De Djawatan adalah hutan wisata yang memiliki panorama pepohonan yang unik. Wisatawan dapat melihat pepohonan besar yang meliuk menyerupai bonsai raksasa, hal ini menjadikan De Djawatan sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi.

Wisatawan dapat menikmati suasana mistis dan unik De Djawatan karena pepohonan yang meliuk-liuk ditambah sinar matahari yang menembus sela-sela ranting pohon menciptakan pencahayaan yang menarik.

Baca Juga : 7 Resto & Cafe Instagramable Pinggir Pantai Jogja di Gunung Kidul

Pantai Sukamade

Credit : Okezone Travel

Pantai ini terletak dekat dengan Taman Nasional Meru Betiri yang berada di Kabupaten Jember. Tempat ini merupakan rumah bagi penyu, termasuk spesies penyu yang langka. Penyu yang sering mengunjungi pantai ini adalah penyu hijau, penyu sisik, penyu slengkrah dan penyu belimbing.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai yang bersih dan indah yang berwarna putih ditambah air laut yang berwarna biru kehijauan. Wisatawan juga dapat belajar mengenai konservasi penyu langsung dari petugas, wisatawan juga dapat ikut serta melepaskan anak penyu atau tukik ke laut lepas.

Teluk Hijau

Credit : Tripadvisor

Teluk Hijau merupakan sebuah teluk yang dekat dengan Taman Nasional Meru Betiri yang terletak di Kabupaten Jember. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah kombinasi antara pantai dengan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan ditambah penampakan tebing yang menambah keindahan tempat ini.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan, bermain air, snorkeling, atau aktivitas air lainnya seperti kano dan banana boat. Tempat ini juga terdapat beberapa warung makan, tempat penyewaan alat, dan juga penginapan yang menambah kenyamanan wisatawan.

Pantai Pulau Merah

Credit : Detikcom

Pantai Pulau Merah terletak di sisi selatan garis pantai Kabupaten Banyuwangi. Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir yang berwarna kemerahan karena campuran tanah liat, batuan kapur dan material lainnya.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai yang bersih dan air laut yang berwarna biru kehijauan. Aktivitas favorit disini adalah menikmati pemandangan sunset karena akan menambah kemerahan pantai, ditambah garis pantai yang lumayan panjang akan membuat pemandangan menjadi lebih luas.

Karena ombaknya yang besar, pantai ini cocok untuk aktivitas selancar selain itu wisatawan juga dapat menikmati pemandangan pantai sembari menyantap makanan yang dijual kedai-kedai sekitar wilayah pantai dengan harga yang terjangkau.

Banyuwangi memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan pengalaman tak terlupakan. Dari mendaki kawah berapi hingga bersantai di pantai terpencil, setiap sudut Banyuwangi menyimpan keajaiban tersendiri. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan perjalananmu ke Kabupaten Banyuwangi dan nikmati semua keindahannya!

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Banyuwangi