Tour Bali – Klungkung, sebuah kabupaten di Bali, menawarkan destinasi wisata yang tak kalah menarik dibandingkan daerah lainnya. Dikenal sebagai salah satu pusat kebudayaan dan sejarah Bali, Klungkung menyimpan banyak keindahan alam dan warisan budaya yang menarik untuk dijelajahi. 

Dengan pesona alam yang menakjubkan, Klungkung menjadi tempat ideal bagi kamu yang ingin merasakan keaslian dan keunikan Bali. Kabupaten ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, mulai dari pantai yang eksotis hingga pemandangan perbukitan yang menenangkan. 

Keindahan alam Klungkung menawarkan pengalaman yang memikat bagi para pencinta alam dan petualangan. Selain itu, seni dan budaya yang hidup di tengah masyarakat lokal menjadikan Klungkung sebagai tempat yang sempurna untuk mengenal lebih dalam tentang tradisi dan adat istiadat Bali yang masih terjaga hingga kini.

Mari menjelajahi destinasi wisata Klungkung untuk menyusuri jejak sejarah yang kaya dan menikmati pesona alam yang menawan, menciptakan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Yuk, simak artikel berikut!

Museum Semarajaya

Credit : Kompas

Museum Semarajaya berada di Jalan Untung Surapati No.3, Semarapura Kelod, Klungkung. Museum ini dibangun dalam rangka untuk mengenang peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di daerah ini, yaitu perang Puputan Klungkung. 

Perang ini terjadi pada tanggal 28 April 1908 yang merupakan peperangan antara masyarakat Bali melawan prajurit Belanda. Diresmikan pada tanggal 28 April 1992 oleh Bapak Rudini yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri, museum ini berisikan artefak peninggalan Kerajaan Klungkung.

Koleksi benda peninggalan sejarah yang ada di museum ini terbagi menjadi 3 ruangan, yaitu ruangan pertama untuk menyimpan artefak prasejarah, ruangan kedua untuk artefak sejarah, dan ruangan ketiga untuk menyimpan artefak seni atau kerajinan khas Klungkung.

Monumen Puputan Klungkung

Credit : Detik

Monumen Puputan Klungkung merupakan taman kota yang ada di Pulau Bali, dibangunnya tugu prasasti ini ditujukan untuk menghormati perjuangan rakyat dan penguasa Kerajaan Klungkung yang gugur dalam Perang Puputan pada tahun 1908.

Mulai dibangun pada pukul 1986 dan diresmikan pada tanggal 28 April 1992 oleh Prof. Dr. Ida Bagus Mantra selaku Gubernur Bali yang menjabat pada saat itu, dan bertepatan dengan peringatan 84 tahun Puputan Klungkung. 

Berlokasi di Semarapura Tengah, Klungkung, monumen ini tidak mengenakan biaya tiket masuk para para pengunjungnya. Kamu bisa mengunjungi monumen ini pada hari Senin – Sabtu pada pukul 10.00 – 17.00 WITA dan tutup setiap hari Minggu.

Angel’s Billabong

Credit : Kompas

Angel’s Billabong terletak di Nusa Penida, Klungkung, merupakan sebuah muara akhir dari sungai sebelum sampai ke laut lepas. Nama Angel’s Billabong diambil dari kata ‘Angel’ yang berarti bidadari, dan ‘Billabong’ berarti sungai yang buntu. 

Daya tarik dari tempat ini adalah sebuah cerukan kolam alami yang memiliki air yang jernih dengan karang-karang dan vegetasi lumut laut yang terlihat dari permukaan. Disarankan untuk tidak mengunjungi tempat ini saat musim hujan karena pada saat tersebut air di kolam akan keruh.

Bendungan Tukad Unda

Credit : Tribun Travel

Bendungan Tukad Unda merupakan salah satu tempat wisata di Klungkung yang sayang untuk dilewatkan karena keindahan aliran airnya yang menyerupai air terjun. Lokasinya yaitu berada di Banjar Lebah, Semarapura Kelod Kangin, Klungkung.

Tarif masuk ke wisata ini bisa dibilang cukup terjangkau,  yaitu kamu hanya cukup membayar sebesar Rp10.000 saja. Tempat ini juga sangat populer bagi pasangan yang ingin melakukan prewedding, dimana kamu dapat mengabadikan momen dengan latar belakang tirai air Tukad Unda.

Pura Goa Lawah

Credit : Detik

Pura Goa Lawah berlokasi di Desa Pasinggahan, Dawan, Klungkung, merupakan tempat suci umat Hindu dan menjadi salah satu dari enam tempat suci terpenting di Bali. Keunikan dari tempat ini adalah terletak di gua yang menjadi habitat bagi ribuan kelelawar. 

Harga tiket masuk tempat ini yaitu sebesar Rp15.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp25.000 per orang untuk wisatawan asing. Jam operasional untuk berkunjung ke Pura Goa Lawah yaitu setiap hari pada pukul 08.00 – 18.00 WITA.

Tertarik berkeliling Klungkung Bali dan mengunjungi semua tempat wisata yang ada? Segera agendakan bersama Labiru Tour untuk wisata yang lebih mudah dan aman.

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali