Tour Solo  – Solo adalah pusat warisan budaya dan tempat wisata yang menarik. Ada banyak tempat menarik yang dapat kamu kunjungi. Tempat-tempat di Solo cocok untuk wisata keluarga dan menghabiskan liburan di Solo.

Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan suasana yang menyenangkan, tetapi juga menawarkan anak-anak kesempatan untuk belajar tentang berbagai hal secara bersamaan. Penasaran apa saja wisata yang bisa dilakukan bareng keluarga? Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasinya.

De Tjolomadoe 

Credit: Kompas Regional

Lokasi De Tjolomadoe adalah di Jalan Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pabrik ini didirikan pada tahun 1861, telah berhenti beroperasi sekitar dua dekade yang lalu. 

Meskipun demikian, bangunan ini telah digunakan sebagai tempat wisata dan situs bersejarah Solo. Di dalamnya, pengunjung dapat melihat berbagai peninggalan sejarah pabrik, mesin-mesin tebu yang besar, dan menikmati fasilitas seperti kafe dan area rekreasi lainnya.

Pura Mangkunegaran

Credit: Tirto

Salah satu tempat wisata wajib di Solo adalah Pura Mangkunegaran. Selain memiliki desain arsitektur yang menarik, pengunjung dapat melihat berbagai peninggalan bersejarah dari Kerajaan Majapahit dan Mataram.

Pura Mangkunegaran memiliki pendapa terbesar di Indonesia dan tertua di Tanah Air. Pura Mangkunegaran terletak di Jalan Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kamu bi menikmati liburan keluarga sambil belajar sejarah di pura ini.

Keraton Solo

Credit: TIMES Indonesia

Rekomendasi wisata kuluarga berikutny adalah Keraton Solo. Menjadi salah satu ikon wisata Solo karena ramah anak dan edukatif. Wisatawan dapat mengambil foto di depan bangunan bersejarah berusia lebih dari 270 tahun ini.

Wisatawan juga dapat mengunjungi Museum Keraton Solo. di sini akan ditampilkan peninggalan dari kerajaan zaman dulu yang dibuka untuk umum. Jika berkunjung pada hari Minggu atau hari libur, ada skuter listrik yang dapat disewa di lokasi.

Di dekat Keraton Solo terdapat alun-alun. Alun-alun ini disebut dengan Alun-alun Kidul (Alkid). Pengunjung juga dapat melihat dan memberi makan kebo bule keturunan Kyai Slamet, naik becak hias, dan melihat atraksi prajurit pada hari Sabtu.

Baca Juga: Liburan Sambil Belajar Sejarah? Inilah 5 Tempat Bersejarah yang Wajib Kamu Kunjungi di Solo

Kompleks Djoeang 45

Credit: Tribun Travel

Rekomendasi wisata selanjutnya adalah Kompleks Djoeang 45. Lokasinya berada di dekat pusat kota, di Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Gedung ini memiliki banyak lokasi yang menarik untuk difoto dan Instagramable.

Bangunan ini menarik karena desain bangunannya yang menggabungkan elemen Eropa tua dan modern. Pengunjung harus membeli gelato untuk masuk ke Gedung Djoeang 45, tetapi mereka tidak membayar tiket.

Pandawa Water World

Credit: Solo

Tidak ada liburan yang lengkap tanpa mengunjungi tempat wisata air di Solo. Di Pandawa Water World, yang terletak di Komplek Pandawa Jalan Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kamu dapat mengajak keluarga untuk bermain. Pandawa Water World buka setiap hari, kecuali hari Selasa, dari pukul 12.00 hingga 18.00 pada hari kerja dan dari pukul 08.00 hingga 18.00 pada akhir pekan atau hari libur.

Solo Safari

Credit: Karysna FM

Rebranding dan revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) menghasilkan tempat wisata baru, yaitu Solo Safari. Tempat wisata keluarga satu ini beralamat di Jalan Ir. Sutami No. 109, Kelurahan Kentingan, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah.

Pada hari Senin hingga Jumat, Solo Safari buka dari pukul 08.30 hingga 16.30 WIB. Pada hari Sabtu dan Minggu, buka dari pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Di tempat ini terdapat banyak hewan yang bisa dilihat, seperti zebra, kanguru, singa, komodo, dan anoa.

Sepur Kluthuk Jaladara

Credit: Kompas Yogyakarta

Ingin naik kereta yang dioperasikan zaman dulu? Naik Sepur Kluthuk Jaladara solusinya. Wisatawan yang ingin mengenal Kota Solo sambil mengajar anak-anak dapat melakukan perjalanan dengan sepur kluthuk Jaladara. Meskipun kereta ini sudah berusia lebih dari seratus tahun, banyak orang masih suka pergi ke sana.

Kereta yang dijalankan dengan lokomotif uap kuno dan gerbong yang terbuat dari kayu ini telah menarik banyak pengunjung sejak dibuka pada 27 September 2009 lalu. Wisatawan dapat naik kereta lokomotif uap ini dari Stasiun Purwosari melalui rel Jl Slamet Riyadi sampai Stasiun Solo Kota di Sangkrah, Pasar Kliwon.

Itulah wisata yang dapat dinikmati bersama keluarga ketika berlibur ke Solo. Wisata yang direkomendasikan memiliki berbagai jenis tempat yang berbeda-beda, mulai dari sejarah, edukasi anak, dan tempat bermain. Yuk, tunggu apalagi, ajak keluargamu untuk menghabiskan waktu bersama!

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang