Tour Jogja Magelang hanya berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota Jogja. Selain menawarkan keindahan Candi Borobudur, juga menyimpan banyak tempat wisata menarik lainnya. Selain berwisata, Anda bisa menikmati makanan di restoran enak Magelang. 

Namun, saat berwisata tentu kita merasa lapar. Kali ini kita akan fokus pada wisata kuliner di Magelang yang menghadirkan suasana tradisional Yogyakarta yang khas. Berikut adalah rekomendasi tempat makan di Magelang yang cocok dikunjungi.

Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik

Credit: tripadvisor

Restoran ini menawarkan suasana ndeso khas Jawa dengan hidangan sehat yang berasal dari kebun sendiri. Sebelum masuk ke bangunan utama, Kamu akan disambut oleh area permainan anak. 

Di sini, Kamu bisa menikmati hidangan lezat berupa sayur-mayur hijau segar yang dipetik langsung dari kebun hidroponik mereka. Pilihan menu yang sehat dan lezat membuat pengalaman makan di Joglo Ndeso menjadi unik dan berkesan.

Sekar Kedhaton

Credit: Gizibaik

Tempat ini menggabungkan kemewahan dengan nuansa tradisional Jawa. Selain menikmati hidangan lezat yang merupakan perpaduan Indonesia (Jawa), Asia, dan Barat, Kamu juga akan disuguhkan dekorasi etnik Jawa yang kental. 

Sekar Kedhaton juga memiliki ballroom yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan bisnis hingga acara pernikahan. Suasana makan di tengah lahan persawahan membuat pengalaman di restoran ini sangat menyatu dengan alam.

RM Moro Sakeco

Credit: CitraNW

Rekomendasi restoran berikutnya adalah RM Moro Sakeco. RM Moro Sakeco merupakan tempat yang menarik dengan kolam pemancingan dan restoran yang menawarkan hidangan ikan sebagai menu utama. 

Kamu dapat memancing ikan kapan saja dan menikmati hasil tangkapan langsung dengan berbagai macam olahan ikan yang lezat. Suasana kolam pemancingan dan restoran di daerah Grabag, Magelang ini sangat nyaman dengan lingkungan yang alami dan tradisional Jawa Tengah.

Saung Makan Bu Empat

Credit: Google

Jika Kamu ingin mencicipi hidangan Sunda di Tanah Jawa, Saung Makan Bu Empat adalah tempat yang tepat. Restoran ini menyajikan hidangan khas Bumi Parahyangan, termasuk hidangan lalap, petai, dan jengkol. 

Namun, hidangan yang paling terkenal adalah Udang Galah Bakar Madu, Sup Gurame, dan Oseng Genjer yang disajikan dengan sambal yang khas. Suasana restoran yang ala saung dengan kolam ikan dan suasana semi terbuka akan membuatmu merasa berada di Tatar Pasundan.

Baca Juga: 9 Restoran All You Can Eat di Jogja yang Murah dan Enak, Makan Sepuasnya!

BS Resto

Credit: magelangekspres

Selanjutnya ada BS Resto yang menjadi pilihan untuk dikunjungi. Berdiri sejak tahun 2009, restoran ini mengusung desain natural dan tradisional yang menyatu dengan keberadaan pusat kerajinan perak Borobudur Silver (BS). 

Restoran ini menyajikan pilihan menu yang bervariasi, dari masakan Indonesia, hidangan Asia, hingga menu Western. Kamu dapat menikmati makanan di saung-saung di sekitar kolam pemancingan sambil menikmati pemandangan Pegunungan Menoreh dan Gunung Sumbing.

Villa Sumbing French Restaurant

Credit: magelangekspres

Ingin mencicipi hidangan Eropa dengan suasana pedesaan? Villa Sumbing French Restaurant adalah pilihan yang tepat. Restoran ini dimiliki oleh pasangan koki asal Perancis dan wanita asli Magelang, sehingga Kamu bisa menikmati menu khas Prancis dengan sentuhan nuansa Jawa. 

Selain hidangan utama yang unik, pemandangan Gunung Merbabu dan sawah membuat pengalaman makan di restoran ini semakin menyenangkan. Jangan lupa untuk mengunjunginya apabila berwisata di Magelang, ya. 

RM Seafood & Jamuran Joglo Tanjung

Credit: amazonaws

Berikutnya yang masuk daftar rekomendasi adalah RM Seafood & Jamuran Joglo Tanjung. Jika Kamu ingin menikmati hidangan sehat selama liburan, kunjungilah RM Seafood & Jamuran Joglo Tanjung. 

Restoran ini menyajikan hidangan laut, seperti olahan ikan, dan berbagai hidangan dari jamur yang sehat dan lezat. Restoran ini memiliki 6 gazebo dengan gaya Joglo tradisional Jawa Tengah yang memberikan suasana sejuk dan nyaman.

Terracotta Resto

Credit: Trip

Rekomendasi restoran di Magelang terakhir yaitu Terracotta Resto. Terracotta Resto menawarkan suasana layaknya rumah di kampung halaman yang sangat nyaman dengan taman yang hijau dan asri. 

Restoran ini cocok sebagai tempat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Kamu Menu favorit di sini seperti Grilled Chicken Steak atau Roti Bakar Apel Madu yang manis dan lezat. Selain itu, interior dan dekorasi restoran yang artsy akan membuatmu puas berfoto-foto.

Berbagai rekomendasi restoran enak Magelang yang dapat dikunjungi telah dijelaskan pada artikel ini. Jangan lupa untuk mengunjunginya saat kamu sedang melepas penat di Magelang ya!