Paket Wisata Banyuwangi Bagi para pelancong yang berkunjung ke kota ini, membawa oleh-oleh khas Banyuwangi adalah salah satu hal yang tak boleh dilewatkan. Kelezatan makanan khas ini tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga menjadi kenangan manis dari petualangan di kota ini.

Aroma rempah-rempah hingga kelezatan gurih, oleh-oleh khas Banyuwangi menyajikan ragam cita rasa yang menggugah selera. Setiap hidangan memiliki cerita tersendiri, merangkai tradisi kuliner yang kaya dan warisan budaya yang tak ternilai harganya. 

Dari makanan ringan yang cocok untuk camilan hingga hidangan khas yang menggugah selera, setiap makanan memiliki daya tariknya sendiri dan memberikan pengalaman kuliner yang unik bagi para pengunjung.

Berikut ini kita akan menjelajahi 10 makanan oleh-oleh khas Banyuwangi yang menjadi favorit para wisatawan. Mari kita mulai perjalanan kuliner ini dan temukan kelezatan-kelezatan yang tak terlupakan dari Banyuwangi!

Ladrang Sabrang

Credit: hicook official

Ladrang Sabrang terbuat dari ubi ungu dengan tekstur yang renyah dan gurih. Walaupun namanya terkesan aneh, namun makanan ini memiliki citra rasa unik dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Jajanan ini juga dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit jika dikonsumsi secara teratur, yaitu penyakit seperti obesitas, kanker, dan diabetes. Bagi kamu yang ingin diet, makanan ini bisa menjadi salah satu menu diet karena mengandung kolin, beta karoten, dan serat.

Bagiak

Credit: hicook official

Dibuat dari tepung kanji dan diolah dengan cara yang khusus, makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan lembut. Bagiak memiliki banyak varian rasa, seperti durian, vanilla, pandan, mocca, nangka, keju, kacang, dan jahe.

Penggunaan gula merah dan parutan kelapa menambah kelezatan dan rasa manis pada jajanan ini. Kue ini memiliki bentuk segi panjang semi oval dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena awet dan tahan lama sampai tiga bulan tanpa terpapar sinar matahari secara langsung.

Untir-Untir

Credit: hicook official

Jajanan khas Banyuwangi ini terbuat dari tepung terigu, mentega gula dan telur yang dibentuk seperti tali tambang. Orang banyuwangi biasa menyebutnya dengan untir-untir yang memiliki cita rasa renyah, garing dan manis.

Dodol Salak

Dodol ini berbeda dengan dodol pada umumnya yang terbuat dari tepung ketan, di Banyuwangi ada dodol yang terbuat dari bahan yang unik yaitu dodol salak. Menariknya, dodol ini dibungkus dengan daun lontar yang menambah cita rasa aroma yang khas.

Dodol Salak memiliki tekstur yang kenyal dan lembut serta aroma dan rasanya yang unik menjadikan makanan ini banyak diincar oleh para wisatawan yang sedang berkunjung di Banyuwangi.

Sale Pisang

Credit: hicook official

Berbeda dengan sale pisang dari daerah lain, sale pisang khas Banyuwangi memiliki perpaduan rasa manis dan gurih yang bisa bikin kamu ketagihan saat mencobanya. Hal ini dikarenakan proses pengeringannya membutuhkan waktu yang lama, sehingga membuat sale pisang ini menjadi semakin enak dan gurih.

Sale pisang ini menjadi lebih nikmat dengan variannya yang beragam, yaitu ada sale goreng, pisang sale basah, dan pisang sale gulung. Sale pisang ini bisa disimpan lebih dari sebulan dan harganya juga cukup terjangkau.

Kerupuk Rumput Laut

Sajian ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari kerupuk pada umumnya, makanan khas Banyuwangi ini memiliki bentuk yang mirip dengan kerupuk bawang, tetapi ada bahan tambahan berupa rumput laut yang membuat rasanya menjadi lebih enak.

Selain rasanya yang enak, penambahan rumput laut segar ini juga diyakini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Kerupuk ini juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama meski tanpa bahan pengawet sekalipun.

Tape Buntut

Tape buntut adalah campuran dari ketan dan singkong yang difermentasi lalu dibungkus dengan daun jati. Makanan ini memiliki bentuk yang unik yaitu menyerupai buntut atau ekor. Tape ini merupakan salah satu makanan khas suku osing yang wajib kamu coba.

Rengginang

Credit: hicook official

Rengginang asli Banyuwangi ini memiliki rasa yang berbeda dengan rengginang lainnya, yaitu kental akan cita rasa cumi, udang, terasi, dan bawang putih yang khas. Bentuknya juga tidak dibuat dengan cetakan tetapi masih konvensional dengan tangan. 

Proses pengeringannya menggunakan oven sehingga membuat hasilnya menjadi mengembang sempurna saat digoreng. Harganya juga cukup terjangkau, cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Bolu Klemben

Klemben adalah oleh-oleh khas Banyuwangi yang biasanya disajikan pada saat perayaan Idulfitri. Terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan telur dan diproses dengan cara khusus hingga mendapatkan cita rasa yang unik.

Bentuk klemben sendiri mirip seperti tempurung kura-kura dan ada yang kering dan basah. Ada juga varian klemben tape dan klemben durian yang dapat kamu temui di wilayah Kalibaru dan Glenmore. 

Kopi Banyuwangi

Bagi kamu penggemar kopi, wajib banget untuk cobain kopi ini karena memiliki rasa yang kuat dan aroma khas. Kamu juga bisa memilih beragam jenis kop dengan tingkat kandungan kafein dan cita rasa asam yang berbeda.

Kopi Banyuwangi cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena dapat disimpan dalam waktu lama tanpa kehilangan kualitasnya. Kopi ini menjadi pilihan sempurna untuk dibagikan kepada keluarga atau teman yang suka ngopi.

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Banyuwangi