Kuliner Jogja – Kota Yogyakarta tidak hanya menawarkan keindahan destinasi wisata dan kekayaan budayanya saja, tetapi juga menyajikan sebuah perjalanan lezat bagi para pecinta kuliner. 

Pesona kuliner Jogja tidak hanya terletak pada cita rasa yang memikat, namun juga pada kehangatan dan keramahan para pedagang. Mencicipi ragam kuliner di kota ini tentu saja tidak hanya membawa rasa khas jogja, namun juga membawa kembali kenangan indah dari perjalanan wisata kalian.

Bakmi Mbah Mo

Credit: Kalurahan Trirenggo

Yogyakarta memang selalu menawarkan wisata kuliner yang beragam termasuk bakmi jawa yang terkenal memiliki cita rasa lezat. Salah satu Bakmi Jawa dengan nuansa warung kecil yang sederhana ini telah melegenda di tengah masyarakat Jogja.

Bakmi Mbah Mo merupakan salah satu warung Bakmi Jawa yang dominan dengan rasa asin gurih. Lokasi Bakmi Jawa ini berada di Jogja bagian selatan atau lebih tepatnya di Desa Code, Trirenggo, Bantul.

Pastikan juga ketika berkunjung kesini harus datang lebih awal karena proses memasak tidak dilakukan dalam jumlah porsi yang besar. Hal tersebut justru menciptakan kualitas rasa bakmi yang konsisten sehingga pelanggan yang datang pun rela antri demi satu porsi bakmi yang menggugah selera.

Mangut Lele Mbah Marto

Credit: Jogjaaja

Mangut lele Mbah Marto menjadi kuliner legendaris yang masih mempertahankan cara memasak tradisional. Keunikan lain yang ada di warung makan ini adalah sistemnya prasmanan yang bisa diambil di dapurnya Mbah Marto secara langsung.

Suasana pedesaan ditambah dengan dapur yang masih seperti jaman dulu, membuat siapa saja yang datang menikmati akan terasa seperti berada di rumah nenek. Menu utama yang disediakan seperti mangut lele akan dibiarkan di atas tungku agar tetap hangat ketika dihidangkan.

Hidangan lain yang menjadi menu lauk tambahan disini terbilang cukup bervariasi. Mulai dari sayur krecek, gudeg nangka, oseng daun pepaya, bahkan garang asem pun juga bisa ditemui jika kalian beruntung.

Baca Juga: 7 Resto & Cafe Instagramable Pinggir Pantai Jogja di Gunung Kidul

Ingkung Kuali

Credit: Retnamudiasih

Ingkung Kuali menjadi spot kuliner di Jogja yang wajib kalian coba bersama kerabat, keluarga, maupun rekan kerja. Lokasi resto ini terletak di desa Kalakijo, Guwosari, Pajangan, Bantul. 

Sajian menu utama yang ada disini adalah olahan daging ayam kampung utuh yang dimasak dengan bumbu rempah kemudian disajikan nasi putih hangat, sambal, dan juga lalapan. Proses memasaknya pun terbilang membutuhkan waktu yang cukup lama demi menghasilkan tekstur ayam yang lembut dan bumbu yang meresap sempurna.

Fasilitas yang disediakan pun juga sangat menunjang kebutuhan para wisatawan seperti tempat outbound, camping ground bahkan menyediakan tempat pertemuan terbuka. Tak heran jika Ingkung Kuali menjadi salah satu daya tarik wisata kuliner yang dapat memanjakan lidah khususnya di Jogja bagian Selatan. 

Baca Juga: Rekomendasi 12 Tempat Makan Kuliner Malam di Malang, Enak & Legendaris

Mie Lung Mbah Sur

Credit: Diaspora Iqbal

Sajian kuliner yang ada di Bantul selatan memang tidak ada habisnya. Salah satunya mie lethek yang menjadi ikon kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Jogja. Namun ada satu menu yang unik yaitu Mie Lung atau kepanjangan dari mie dengan balungan sebagai pemain utama.

Popularitas Mie Lung Mbah Sur semakin melegenda di tengah para pecinta kuliner Indonesia. Hal itu lantaran mantan presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama pernah mendatangi langsung dan mencicipi kenikmatan mie balungan.

Lokasinya terletak di Tegallayang 10 RT 06 Caturharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta. Mie Lung Mbah Sur ini bisa dibilang tempat makannya cukup terpencil karena berada di pelosok desa, namun masih bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota Jogja.

Jejak kuliner di Jogja mengajarkan bahwa kelezatan tidak hanya tentang rasa, tetapi juga tentang momen perjalanan yang tak terlupakan.