Tour Solo  – Solo dan Jogja menjadi kota yang sangat ikonik dengan budaya Jawa dan tempat wisata. Setiap sudut Kota Solo tergambar jelas Setiap rekam jejak budaya Jawa yang masih melekat. Karena keunikannya, kota Solo juga sering sekali dilirik oleh para wisatawan yang singgah sementara menghabiskan waktu berlibur mereka.

Tidak hanya terkenal dengan budaya Jawanya yang masih erat, Solo juga memiliki kuliner hingga tempat wisata menarik. Banyak sekali kuliner dan tempat wisata yang terus berkembang di kota Solo. Ini dia, list tempat wisata di Solo yang wajib kamu kunjungi. 

Kampung Batik Kauman

Credit: penelitianpariwisata.id

Budaya Jawa terkenal dengan keindahan batik yang dimilikinya. Kamu tertarik mengetahui seni batik lebih lagi? Kalau ke Solo jangan lupa mengunjungi kampung batik Kauman. Sesuai dengan namanya, kampung wisata satu ini memfokuskan batik sebagai daya tarik utamanya. Bukan hanya sekedar batik, seluruh bangunan di kampung ini masih terjaga dengan sentuhan budaya Jawanya.

Kampung Batik Kauman terletak di Jl. Wilayah Kusuma, Kauman, Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Letak dari kampung batik satu ini sangat strategis, kamu tidak perlu ribet memikirkan rute ke tempat wisata ini. 

Aktivitas seru di kampung batik Kauman

Belajar membatik

Namanya berkunjung ke kampung batik rasanya akan kurang jika tidak belajar membatik secara langsung. Di kampung batik kauman, kamu berkesempatan belajar membatik secara langsung loh. Fyi batik yang diproduksi sebagian besar memiliki motif klasik mengikuti standar Keraton Kasunanan.

Mengelilingi kampung

Berkeliling kampung yang masih memiliki bangunan tradisional tidak lengkap jika tidak mengabadikannya ke dalam foto. Jangan lupa membawa alat dokumentasi terbaik kamu. 

Credit: Akurat

Mencicipi makanan tradisional

Di Kampung ini, kamu juga berkesempatan mencicipi makanan tradisional khas Jawa dengan harga yang terjangkau.

Tertarik mengunjungi kampung batik kauman? Tenang saja, tempat wisata Solo satu ini beroperasional setiap hari Senin-Minggu pukul 08.00-18.00 WIB. Untuk masuknya free HTM!

Kemuning Sky Hills

Credit: Tribun Travel/Sintang Agustina

Selanjutnya tempat wisata alam terbuka buat kamu kaum pecinta alam yaitu Kemuning Sky Hills. Terletak di Desa Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Dari pusat Kota Karanganyar, kamu harus menempuh perjalanan selama 45 menit menuju Kemuning Sky Hills. 

Beberapa aktivitas menarik di Kemuning Sky Hills 

Menjelajahi kebun teh

Menghirup udara segar dari ketinggian 800-1540 mdpl dengan hamparan pemandangan hijau. Kamu tidak perlu merogoh kocek tambahan untuk mengelilingi kebun teh Kemuning Sky Hills. 

Menjelajahi Kemuning Sky Hills dari atas jembatan kaca

Terkenal dengan jembatan kaca terpanjang di Solo, kamu harus merogoh kocek tambahan sebesar Rp 30 ribu per orangnya. Tenang saja, dari atas ketinggian jembatan kaca ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan Gunung Lawu. 

Mencoba bermain paralayang

Buat kamu yang tertarik memacu adrenalin dan menambah pengalaman baru, kamu juga bisa bermain paralayang dari Kemuning Sky Hills. 

Menaiki Jeep dan ATV

Mengelilingi Kemuning Sky Hills menggunakan jeep dan ATV, kamu harus merogoh kocek tambahan sebesar Rp 145 sampai Rp 180 ribu per orang. 

Kamu bisa mengunjungi Kemuning Sky Hills setiap hari Senin-Minggu pukul 09.00-18.30 WIB. Dengan merogoh kocek tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang. Kamu sudah bisa menikmati keindahan alam Solo dari Kemuning Sky Hills. 

Kampung Batik Laweyan

Credit: solopos.com/Nugroho Meidinata

Serupa tapi tak sama, ini dia kampung batik lainnya yang ikonik di Solo yaitu kampung batik Laweyan. Terletak di Jl. Dr. Rajiman No.521, Laweyan, Solo. Kampung batik satu ini mendapat sebutan sebagai kampung batik tertua di Indonesia. 

Lantas, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan disini?

Belajar membatik

Sambil menyelam minum air, sambil berwisata jangan lupa sekalian mengambil ilmunya. Belajar membatik langsung dari warga penduduk asli kampung batik Laweyan. 

Wisata kuliner

Kurang lengkap rasanya tidak mencicipi kuliner khas suatu daerah. Tenang saja, di kampung ini terdapat beberapa tempat makan menyajikan makanan khas Laweyan.

Mengelilingi kampung batik

Setiap sudutnya memiliki nilai sejarah dengan bangunan artistik. Wajib berkeliling sambil mendokumentasikan ke dalam hasil foto terbaik kamu. 

Membeli buah tangan

Selain belajar membatik, kamu juga dapat membeli beberapa hasil kerajinan yang dibuat oleh penduduk sebagai buah tangan loh

Credit: Indonesia Travel

Tenang saja, kamu dapat mengunjungi kampung batik Laweyan setiap hari Senin-Minggu selama 24 jam dan tidak dikenakan biaya masuk. 

Sudah merencanakan tempat wisata apa saja ketika berlibur ke Solo? Jadi, mau wisata edukasi atau wisata di alam terbuka nih? Tenang saja, Labiru Tour menyediakan paket wisata menarik selama berwisata di Solo loh! Yuk, langsung aja cek website untuk paket wisatayang menarik!