Tour Jogja Selain terkenal dengan keindahan wisata alam dan mata air alaminya, Kabupaten Klaten juga memiliki banyak makanan lezat. Salah satu alasan mengapa kamu harus pergi ke sini adalah makanan khas Klaten.

Klaten adalah kota yang sering disinggahi karena berada di antara dua kota besar, Surakarta dan Yogyakarta. Selain itu, lokasi geografis ini semakin meningkatkan cita rasa kuliner Klaten. Selama liburan ke sini, akan sangat disayangkan jika melewatkan makanan khas Klaten. 

Lalu, apa saja makanan khas Klaten yang bisa kamu coba cicipi? Berikut rekomendasinya untukmu!

Sop Ayam Pecok

Credit: Tribunnewswiki

Sop dengan cita rasa gurih dan aroma kaldu ayam yang kuat ini adalah ikon kuliner Klaten. Tidak mungkin pulang kampung atau berkunjung ke Klaten tanpa mencicipinya.

Berbagai jenis sop ayam tersedia, termasuk sop ayam campur dan pisah dengan kulit, daging, dan kepala ayam. 

Sop ini asli menggunakan ayam kampung sebagai kaldu dan isian, tidak seperti sop biasa. Sop ini sangat enak dengan lauk pauk seperti tempe, tahu, dan perkedel dengan kuah bening. Sebagai makanan khas Klaten sop ini sangat disukai karena kaldu ayamnya yang lezat dan proses memasak yang berbeda dari olahan ayam lain. 

Nasi Tumpang Lethok

Credit: Soloraya – Solopos

Nasi tumpang lethok adalah makanan enak lainnya yang harus dicoba saat berada di Klaten. Kuliner ini ada di mana-mana di Klaten. Kuliner ini tersedia di beberapa warung di Jl Mayor Kusmanto dari pagi hingga siang. Pada malam hari, mereka dapat ditemukan di sekitar Alun-alun Klaten dan Jl Rajawali (dekat Alun-alun).

Nasi tumpang lethok adalah kudapan yang terdiri dari nasi putih itu sendiri, urap atau gudangan daun pepaya, bayam dan parutan kelapa yang sudah dibumbui, dan kemudian disiram dengan kuah lethok yang gurih.

 

Jangan bertanya tentang lauk. Coba pesan porsi besar dan kamu akan melihat koyor, krecek, dan telur rebus di satu piring. Ada ayam kampung dengan santan dan tahu tempe yang menggoyang lidah.

Sego Gudangan

Credit: Kompas

Di Klaten, terutama di pagi hari, banyak warung yang menawarkan Sego Gudangan. Sego berarti nasi dalam bahasa Indonesia, dan gudangan berarti urap, jadi orang-orang juga menyebutnya nasi urap. 

Makanan khas Klaten ini terkenal dengan berbagai sayur dan acar yang disajikan. Sudah pasti, karena sayur-sayuran Gudang Sego memiliki semua nutrisi yang diperlukan tubuh. Selanjutnya, bubuk kacang dan parutan kelapa dicampur bersama saus temp

Nasi Trancam Khas Klaten

Credit: Karanganyar News

Nasi Trancam khas Klaten ini terdiri dari kacang panjang, kol, mentimun, petai cina, kemangi, dan bumbu pedas di atas parutan kelapa. Ternyata fakta bahwa orang Indonesia juga menyebut nasi trancam sebagai salad adalah sesuatu yang menarik dan unik. 

Ketika rasa gurih, pedas, manis, dan asin digabungkan, rasanya pasti akan membuat kamu ngiler. Selain itu, baca daftar makanan khas Indonesia yang diakui secara global, dari rendang hingga bakso. 

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi!

Sego Wiwit

Credit: Tribunnewswiki

Sego Wiwit menjadi rekomendasi makanan khas Klaten berikutnya. Salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan tradisi Selamatan (Sedekah Bumi) di daerah Klaten adalah makanan ini. 

Sego Wiwit telah berkembang seiring berjalannya waktu dan dapat ditemukan di berbagai tempat makan di Klaten. Seporsi Sego Wiwit akan mendapatkan isian yang berupa sayur, nasi, berbagai lauk, dan lalapan.

Soto Bebek

Credit: Tripadvisor

Salah satu makanan khas Klaten, Soto Bebek, pasti akan menjadi favoritmu. Seperti namanya, Soto Bebek terbuat dari daging bebek. Potongan daging bebek yang gurih dan empuk akan menjadi lebih nikmat dengan kuah bening yang kaya rempah. 

Rasa gurih dan nikmat Soto Bebek Klaten ini pasti akan membuat kamu tergoda untuk segera makan. Soto khas Klaten ini tersedia dalam dua pilihan penyajian yang dapat dipilih oleh pengunjung sesuai selera mereka. Dengan kata lain, baik terpisah antara nasi dan sotonya maupun digabungkan.

Slondok

Credit: Halo Semarang

Oleh-oleh khas Klaten lainnya adalah slondok, makanan berbentuk cincin. Slondok terbuat dari singkong yang sudah digiling dan direbus dengan bumbu khusus. 

Setelah semuanya matang dan tercampur, adonan Slondok akan membentuk bentuk cincin dan dijemur sampai kering. Setelah kering, Slondok akan digoreng sampai matang. kombinasi teksturnya yang renyah dan berbagai rasanya.

Wajik Khas Klaten

Credit: Kompas

Di Jawa Tengah, wajik adalah makanan yang sangat populer. Makanan Klaten ini memiliki rasa yang berbeda dan unik. 

Wajik Khas Klaten terbuat dari beras ketan dan campuran gula merah, yang memberinya cita rasa manis dan legit yang unik. Kamu akan tergoda untuk menikmatinya lagi dan lagi karena kombinasi rasa yang sempurna dan nikmat. 

Setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing. Tidak terkecuali Klaten. Beberapa makanan di Klaten adalah perpaduan makanan Solo dan Jogja serta daerah lain di Jawa Tengah. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencoba makanan khas Klaten saat berkunjung di sini ya!