Info WisataWalaupun tidak sepopuler kota di Jawa Tengah lainnya, Kota Magelang masih sangat worth it untuk dikunjungi. Kota ini memiliki wisata yang cukup bervariasi, mulai dari wisata alam, wisata budaya dan sejarah, hingga wisata religi. 

Saat mengunjungi suatu tempat kita juga pasti tidak lupa untuk mampir untuk menjajal makanannya. Apalagi jika berkunjung beramai-ramai bersama keluarga, pasti yang ditunggu-tunggu adalah saat makan bersama. Jangan khawatir karena Magelang juga punya beberapa restoran keluarga yang bisa kamu kunjungi setelah lelah berkeliling menjelajah wisatanya.

Sekar Kedhaton Magelang

Credit: @/sekar_kedhaton_mungkid

Kalau kamu lagi punya agenda untuk berwisata sejarah dan budaya Jawa di Magelang, restoran ini wajib kamu masuk list. Sekar Kedhaton memiliki konsep restoran dengan kental akan nuansa kerajaan Jawa. Mulai dari bangunannya yang ala joglo, furniture kayu dengan ukiran yang khas, hingga interior yang penuh dengan sentuhan vintage jaman dulu. Kerasa banget vibes keratonnya kalau makan di sini.

Makanan disini juga tak kalah untuk menghadirkan unsur Jawanya. Kamu bisa mencoba Iga Brongkos, Ayam Bakar Lembaran, dan Bakmie Goreng Djawa yang menjadi signature menu Sekar Kedhaton. Ada juga menu dari daerah lain seperti Ayam Betutu dan Buntut Goreng Sambalado.

Sekar Kedhaton Magelang berlokasi di Jl. Raya Borobudur No.Km. 2, RW.5, Pabelan Satu, Pabelan, Kec. Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Buka setiap hari jam 10.00 – 17.00 WIB.

BS Resto

Credit: Dunia Prima

Restoran dua lantai ini memiliki area balkon yang cantik. Memadukan konsep Jawa tradisional dengan sentuhan modern adalah daya tarik restoran ini. Terdapat kelambu-kelambu putih yang menjuntai dengan furniture kayu jatinya menciptakan perpaduan interior yang sangat estetik. BS Resto juga memiliki area outdoor dengan rumput dan tanaman yang rindang, jadi tidak terlalu panas jika matahari sedang terik.

BS Resto menyajikan menu khas Indonesia, namun juga tetap ada menu western. Ada Nasi Goreng Jawa, Beef Black Pepper, Tongseng Sapi, hingga Fettucini Carbonara. Harga makanan disini mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 250.000.

BS Resto beralamat lengkap di Jl. Mayor Kusen No.KM. 2,4, Pabelan Satu, Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Buka setiap hari pada jam 09.00 sampai 17.00 WIB.

Stupa Restaurant by Plataran

Credit: Plataran Indonesia

Restoran bertema open space dengan view alam yang cantik, Stupa Restaurant jawabannya. Restoran mewah ini berkonsep bangunan terbuka dengan sentuhan Jawa pada furniture dan atapnya yang bergaya Limasan. Di sekitar restoran, kamu dapat melihat pemandangan sawah dan pegunungan yang asri.

Menu makanan di Stupa Restaurant menonjolkan masakan khas nusantara. Seperti Ayam Bakar Taliwang, Iga Bakar Kecombrang, Kangkung Belacan, Dendeng Batokok. Karena konsep restorannya yang mewah pastikan untuk membawa budget berlebih ya.

Stupa Restaurant berlokasi di Dusun Kretek – berdekatan dengan Plataran Heritage Borobudur Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Buka setiap hari mulai jam 07.00 hingga 23.00 WIB.

Joglo Ndeso Restoran & Kebun Hidroponik

Credit: Yosa Irfiana

Seperti namanya, restoran ini berkonsep ala Jawa dengan kebun hidroponik yang hasil kebunnya juga menjadi supply bahan-bahan untuk restoran. Selain itu ada juga kolam ikan yang cukup luas dan tempat bermain anak-anak yang bisa kamu kunjungi saat kesini. Restoran ini berkonsep open space, jadi kamu bisa menyantap hidangan sambil melihat kebun hidroponik dan kolam ikan.

Joglo Ndeso menyajikan hidangan khas Indonesia yang enak dan sehat. Ada berbagai masakan ikan dan seafood, olahan ayam, hingga varian sayur. Makanan disini sangat terjangkau, per orangnya kamu bisa menyiapkan budget Rp 25.000 hingga Rp 75.000 saja.

Joglo Ndeso & Kebun Hidroponik terletak di Jl. Dusun Kutan, Kadirojo, Sedayu, Kec. Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Buka setiap hari jam 11.00 sampai 19.30 WIB.

RM Ayam Kosek Panjiwo

Credit: Babad[dot]id

Kalau kamu dan keluarga penggemar masakan dengan bahan dasar ayam, RM Ayam Kosek Panjiwo ini wajib dikunjungi. Ada area outdoor dan indoor yang bisa kamu pilih. Area outdoor berbentuk ala gubuk dengan danau kecil di bawahnya. Kamu juga bisa memilih duduk di bangku atau area lesehan yang disediakan.

Seperti namanya, menu ayam menjadi andalan restoran ini. Terdapat berbagai varian penyetan yang ditawarkan seperti ayam, bebek, cumi, dan udang dengan sambalnya yang menggugah selera. Tak lupa dengan sayur pendamping seperti terancam dan tumis jamur. Menu makanan disini sangat murah, kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp 25.000 hingga Rp 50.000 per orangnya.

RM Ayam Kosek Panjiwo beralamat di Jl. Ahmad Yani No.351, Kedungsari, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah. Buka setiap hari pada pukul 09.30 sampai 20.30 WIB.

Nah, itulah tadi rekomendasi restoran yang harus kamu kunjungi bersama keluarga saat sedang di Magelang. Tertarik berkunjung ke salah satunya?