Tour Semarang – Sebagai ibu kota Jawa Tengah, Semarang tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya yang menarik, tetapi juga dengan kulinernya yang menggugah selera. Berbagai hidangan khas kota ini siap memanjakan lidah siapa saja yang mencobanya. Tak heran jika beberapa tempat makan di Semarang menjadi viral di TikTok dan menarik perhatian para pecinta kuliner.

Kuliner Semarang tidak hanya lezat tetapi juga unik, dengan sentuhan cita rasa lokal yang autentik. Dari makanan tradisional hingga inovasi modern, semuanya tersedia di sini. Berikut adalah 5 kuliner Semarang yang pernah FYP di Tiktok, wajib jadi wishlist-mu nih!

Iga Mercon

Credit: kompas

Iga Mercon Jogja adalah salah satu hidangan yang sedang dibicarakan di Tiktok. Hidangan ini terdiri dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu pedas yang menggigit, sehingga dinamakan “mercon” atau petasan.

Lokasinya berada di Jl. Kawi No.25, Wonotingal, Kec. Candisari, Kota Semarang. Tempatnya satu lokasi dengan Sepiring Nasi Telur dan Ketan Susu Kedjora. Harga menu nya pun cukup terjangkau dengan porsi iga yang besar, mulai dari Rp 30.000 saja kamu bisa menikmati makanan ini, sudah termasuk nasi. 

Kombinasi rasa pedas yang ekstrem dengan daging iga yang lembut membuat hidangan ini sangat menarik untuk dicoba. Tak perlu khawatir jika kamu tidak suka makanan yang terlalu pedas karena disini juga tersedia menu iga bakar.

Sego Bancakan

Credit: ayo semarang

Sego Bancakan adalah sajian nasi dengan aneka lauk masakan rumahan yang lengkap  serta memberikan cita rasa tradisional khas Jawa. Konsep penyajian yang unik dan variasi lauk yang melimpah membuat Sego Bancakan menjadi konten menarik di Tiktok. 

Sego Bancakan Pawone Simbah berada di daerah Kota Lama Semarang, tepatnya di Jl. Letjen Suprapto No.22, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang. Lokasinya yang dekat dengan stasiun dan Alun Alun Kota Semarang membuat tempat ini strategis dan ramai pengunjung.

Konsep rumah makannya terlihat aesthetic dengan nuansa Jawa yang lengkap dari furniture hingga properti yang menggunakan barang-barang antik. Tempat makan dan parkiran yang luas membuat tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga besar atau rekan kerja.

Harga makanan di Sego Bancakan sangat murah. Kamu bisa mengambil sendiri nasi dan lauk sesuai dengan porsi sendiri karena konsepnya prasmanan. Tidak hanya nasi, lauk, dan sayur, tersedia juga menu camilan yang lengkap, mulai dari jajanan pasar, crepes, leker, hingga lumpia khas Semarang yang wajib kamu coba.

Baca juga: 3 Cafe Nuansa Vintage yang Super Klasik di Semarang

Seafood Mas Nur

Credit: Horego

Seafood Mas Nur adalah tempat makan yang terkenal dengan hidangan laut segar dan lezat. Berbagai menu seafood disajikan dengan bumbu khas yang menggoda selera. Kelezatan dan kesegaran seafood di Seafood Mas Nur menarik banyak perhatian di TikTok. 

Lokasinya berada di Jl Raya Sekaran-Patemon, Gunungpati, Semarang. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai makanan laut. Ada cumi, udang, kepiting, kerang, juga gurita. Varian sausnya juga beragam yakni padang telur, asam pedas, lada hitam, mentega, saus tiram, dengan saus favoritnya yaitu asam manis.

Tersedia berbagai macam menu pilihan, salah satu yang menarik ialah menu seafood ramean untuk kamu nikmati ber-2 atau ber-4 dengan harga mulai dari Rp 35.000 per orang. Tentu saja murah dengan harga itu karena sudah termasuk nasi dan es teh. Dijamin kamu gak bakal kecewa makan disini!

Kerang Melet

Credit: tribun jateng

Kerang Melet adalah hidangan kerang dengan rasa pedas yang intens dan gurih. Tidak heran jika kuliner viral di Semarang ini selalu ramai, bumbu yang diberikan membuat hidangannya terasa lebih nikmat. Letak kerang melet ada di Jl. Kedungmundu No.136, Tandang, Kec. Tembalang, Kota Semarang. 

Video mukbang yang ramai dibicarakan di Tiktok membuat tempat ini ramai pengunjung. Salah satu menu favoritnya adalah tiram bakar 1 meter. Tidak hanya itu, terdapat juga menu rahang tuna bakar dan lobster bakar dengan harga yang terjangkau.

Kedai Pinara

Sumber: detik

Kedai Pinara menawarkan berbagai hidangan lokal dengan cita rasa yang otentik dan suasana tempat makan yang cozy. Tidak hanya murah, pembawaan pegawai nya yang unik saat memanggil nama pengunjung membuat kedai chinese food ini viral di platform Tiktok.

Lokasinya berada di Gor Tri Lomba Juang, Mugassari, Semarang. Harga makanannya sangat murah, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 16.000 saja. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Video fyp nya sudah ditonton lebih dari 30 juta kali di Tiktok loh!

Semarang memiliki beragam kuliner yang tidak hanya lezat tetapi juga menarik untuk dibagikan di media sosial seperti Tiktok. Dari Iga Mercon yang pedas, Sego Bancakan yang kaya akan lauk, Seafood Mas Nur yang segar, Kerang Melet yang menggigit, hingga Kedai Pinara yang unik, semuanya menawarkan pengalaman kuliner tak terlupakan. 

Bagi para pecinta kuliner, wisata kuliner di tempat viral tersebut adalah pengalaman yang wajib dilakukan saat berada di Semarang. Nikmati kelezatan dan bagikan pengalaman kamu di TikTok untuk menginspirasi lebih banyak orang!

Paket Wisata di Semarang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Semarang