Paket Wisata Jogja Bosan dengan kegiatan sehari-hari dan ingin mencari suasana baru yang menyegarkan? Coba rasakan sensasi berlibur di alam bebas dengan camping! Aktivitas ini tidak hanya seru dan menantang, tetapi juga bisa menjadi momen untuk refreshing yang tak terlupakan.

Di Jogja tersedia banyak tempat camping mulai dari pegunungan yang menjulang tinggi hingga pantai yang indah. Nah, buat kamu yang lagi mencari inspirasi tempat camping terbaik untuk liburan, artikel ini akan membantumu!

Bukit Ngisis

Credit: Travel Kompas

Salah satu spot camping yang wajib kamu kunjungi adalah Bukit Ngisis, yang terletak di kawasan Kebun Teh Nglinggo. Tepatnya di Desa Pagerharjo, Kecamatan Nglinggo, Kabupaten Kulon Progo. Saat bangun pagi, kamu akan disambut dengan kicauan burung, udara segar dan sejuk, serta pemandangan alam yang asri.

Bukit Ngisis menawarkan panorama alam yang menakjubkan dari ketinggian dengan pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, dan Sumbing. Disini juga banyak aktivitas seru seperti menjelajahi Kebun Teh Nglinggo, mengunjungi Borobudur Highland, mendaki Puncak Widosari, atau berpetualang di Tumpeng Menoreh.

Buat kamu yang tertarik camping disini, kamu hanya perlu menyiapkan Rp 10.000 untuk tiket masuk Bukit Ngisis. Sedangkan untuk camping, ada beberapa paket, mulai dari Rp 30.000 per orang namun belum termasuk perlengkapan tenda. 

Waduk Sermo

Credit: Visiting Jogja

Rekomendasi tempat camping di Jogja selanjutnya terletak di pinggir waduk yaitu Waduk Sermo. Tempat ini cocok banget buat kamu yang ingin camping dengan pemandangan air yang tenang. Udara disini sejuk, sehingga sangat cocok untuk menenangkan pikiran. 

Di Waduk Sermo, kamu bisa membangun api unggun, masak bersama teman-teman, atau sekadar santai di pinggiran waduk sambil mengobrol santai. Jika kamu menyukai permainan air, kamu bisa menaiki kayak atau perahu di area waduk

Harga tiketnya ramah dikantong. Untuk masuk ke area Waduk Sermo, kamu cukup membayar Rp 6.000 saja. Tetapi jika mau camping, ada biaya tambahan untuk tempat menginap, tergantung pilihan tempatnya. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Baca Juga: Pasar Klewer, Pusat Belanja yang Tak Boleh Terlewatkan di Solo

Watu Mabur Camp

Credit: Griya Wisata

Watu Mabur Camp adalah tempat camping yang berlokasi di Lembang Bang, Mangunan, Dlingo, Bantul. Tempat ini memiliki daya tarik tersendiri karena berada di tepi tebing. Dari atas tebing, kamu bisa melihat sungai Oya dan sawah yang terhampar luas. 

Jika beruntung, kamu bisa menikmati panorama kabut yang menyelimuti lokasi ini di pagi hari yang menghadirkan suasana magis dan menenangkan. Watu Mabur Camp juga menawarkan berbagai pilihan akomodasi, termasuk glamping bagi yang ingin pengalaman camping lebih nyaman.

Fasilitas di Watu Mabur Camp cukup lengkap mulai dari toilet, mushola, hingga rumah makan. Harga tiket untuk masuk ke tempat ini yaitu Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Dengan harga tiket yang terjangkau, kamu dapat menikmati keindahan alam yang ada di Watu Mabur sepanjang hari.

Pantai Wohkudu

Credit: Nagan Tour

Pantai Wohkudu adalah salah satu tempat camping di Jogja yang tenang dan jauh dari keramaian. Pantai ini tersembunyi di antara tebing-tebing batu yang besar. Pantai Wohkudu menawarkan suasana asri dan memberikan kesan pantai pribadi.

Pantai Wohkudu adalah tempat yang ideal bagi kamu yang ingin menikmati ketenangan pantai dan camping dengan suasana yang berbeda. Suara ombak yang menenangkan dan hamparan pasir putih yang luas akan membuatmu merasa rileks dan jauh dari stres.

Pantai yang berlokasi di Wilosos, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul ini buka setiap hari selama 24 jam. Harga tiket masuknya sangat terjangkau. Kamu cukup membayar Rp 3.000 dan sudah bisa menikmati pemandangan indah di Pantai Wohkudu. 

Gunung Api Purba Ngalnggeran

Credit: Jadesta

Buat kamu yang tertarik untuk camping di atas gunung, Gunung Api Purba Nglanggeran adalah jawabannya. Di Jogja, Gunung Api Purba menjadi salah satu spot camping favorit oleh para pengunjung. 

Gunung Api Purba sudah tidak aktif selama 70 juta tahun, meninggalkan sisa-sisa kejayaannya yang kini menjadi daya tarik wisata. Camping ground terletak sekitar 50 meter dari puncak yang bernama Gunung Gede menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Tak hanya camping, kamu juga bisa menjelajahi berbagai objek wisata menarik di sekitar Gunung Api Purba, seperti Desa Wisata Nglanggeran, Embung Nglanggeran, dan air terjun Kedung Kandang. Kamu dapat membayar mulai dari Rp 15.000 untuk bisa masuk ke daerah gunung ini. 

Tertarik mengisi liburan di Jogja dengan camping? Kamu juga bisa merencanakan liburanmu dengan wisata di Jogja bersama Labiru Tour atau kunjungi website Labiru Tour untuk informasi selengkapnya!