Tour Jogja  Berbicara soal kuliner khas Jogja, pastinya yang paling diingat adalah gudeg. Namun, faktanya kuliner khas Jogja bukan cuman gudeg, loh. Banyak sekali kuliner khas lainnya yang wajib kamu cicipi ketika ke Jogja.

Berikut beberapa kuliner khas Jogja, termasuk gudeg, yang wajib kamu coba!

Lumpia Samijaya

Credit: magelangekspres.disway.id/Selia Dwi Amara

Kata siapa lumpia yang khas hanya ada di Semarang? Jogja juga punya lumpia khasnya yaitu lumpia Samijaya. Lumpia ini berisikan bengkuang, sayuran yaitu taoge dan wortel, serta daging ayam. Selain itu, lumpia samijaya disajikan dengan bengkoang parut yang dicampur dengan bawang putih. 

Lumpia samijaya dijual dengan harga Rp 5 ribu per lumpia dan kamu bisa menemukan lumpia satu ini di Jl. Malioboro depan hotel Mutiara atau di Jl. Mataram No.44, Suryatmajan, Danurejan, Jogja. 

Gudeg Sagan

Credit: jogjakartatour

Ingin mencicipi gudeg tetapi tidak suka karena terlalu manis? Kayaknya kamu harus mencicipi gudeg sagan! Gudeg sagan ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis. Kamu juga dapat merasakan gudeg kering hingga gudeg basah. 

Dengan harga Rp 8 ribu sampai Rp 30 ribu, kamu dapat mencicipi gudeg segan ini. Kamu dapat mencicipi gudeg sagan di Jl. Profesor Dr Herman Yohanes atau Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

 

Ayam Bakar Artomoro

Credit: Jogja.jogjaprov.go.id

Terlihat seperti ayam bakar biasa aja, tapi ayam bakar artomoro wajib kamu cicipi. Ayam bakar artomoro memiliki rasa khas karena bumbu yang digunakan sudah meresap hingga ke dalam daging ayamnya.

Ayam bakar artomoro ini telah melalui proses marinasi dan pemasakan selama kurang lebih lima jam terlebih dahulu. Pastikan kamu menyukai pedas karena ayam bakar artomoro bercita rasa pedas. 

Kamu dapat mencicipi ayam bakar artomoro yang terletak di Jl. Palagan Tentara Pelajar KM.7, Karang Moko, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Ayam bakar Artomoro buka setiap hari pukul 09.00-20.00 WIB. 

Jadah Tempe

Siapa yang baru mengetahui kuliner satu ini? Yaitu jadah tempe. Jadah tempe merupakan kuliner khas dari kawasan Kaliurang, Sleman. Jadah sendiri berarti ketan dan tempe berarti tempe. Tempe yang digunakan dalam kuliner satu ini adalah tempe bacem yang bercita rasa manis. 

Terdengar aneh kan memakan tempe bacem dengan ketan? Tapi faktanya jadah tempe adalah kuliner dengan cita rasa unik loh. Kamu harus memakannya secara bersamaan agar menimbulkan cita rasa unik. Bahkan beberapa orang menambahkan cabai rawit ketika menyantap jadah tempe.

Penasaran dengan rasanya? Kamu dapat mengunjungi tempe jadah mbah Carik yang terletak di Jl. Astomulyo, Simpang Lima Wara Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. 

Tiwul dan Gatot

Credit: gudegbagong.com

Kuliner satu ini pasti tidak banyak diketahui karena semakin jarang ditemukan. Tiwul dan gatot adalah dua hidangan kuliner khas Jogja yang rasanya tidak kalah unik. Gatot sendiri berasal dari singkong yang difermentasi dengan suhu ruang tanpa ditambah ragi. Sementara tiwul berbahan dasar singkong berwarna putih. Kedua olahan kuliner khas ini berasal dari singkong. 

Untuk mencicipi tiwul dan gatot, kamu dapat mengunjungi tiwul Ayu Mbok Sum yang terletak di Jl. Mangunan KM.4.5, Mangunan, Dlingo, Cempluk, Bantul, Yogyakarta. 

Kue Kipo

Credit: id.tastemade.com

Olahan kue khas Jogja selain bakpia? Cobain deh kue kipo yang berasal dari Kotagede dengan berbahan dasar tepung ketan. Kue kipo sendiri bercita rasa manis karena memiliki isian parutan kelapa yang dimasak dengan gula kelapa.Sementara kulitnya terbuat dari tepung ketan.

Proses pembuatan kue kipo masih menggunakan teknik sederhana yaitu pemanggangan yang dilakukan dengan cobek berbahan tanah liat dan dilapisi oleh daun pisang. 

Pssttt kamu bisa mencicipi kue kipo di kedai Bu Djito sebagai kedai pertama di Jogja yang menjual hidangan kue kipo. Kue kipo Bu Djito terletak di Jl. Mendorokan No.27, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta. 

Baca juga: 8 Objek Wisata Adrenalin yang Recommended di Jogja

Geplak

Credit: SHUTTERSTOCK/Hari Prasetyo

Kuliner Khas Jogja selain gudeg yang wajib kamu cicipi adalah geplak. Geplak adalah makanan khas yang berasal dari Bantul, Yogyakarta. Geplak sendiri berasal dari bahan baku kelapa dan gula merah atau gula pasir. Pastinya geplak bercita rasa manis ya.

Umumnya, geplak dibuat dengan bentuk bulat dan berwarna-warni. Kuliner khas Jogja satu ini yang bercita rasa manis dapat dengan mudah kamu temukan diberbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di Jogja. 

Terbukti kan kuliner khas Jogja tidak hanya sebatas gudeg? Banyak sekali kuliner khas lainnya yang wajib kamu cicipi karena memiliki cita rasa yang berbeda dan unik. Kamu tertarik ingin mencicipi hidangan yang mana?