Tour Jogja Pesona alam di Yogyakarta memang tidak pernah ada habisnya. Salah satunya wilayah Kulon Progo yang menyimpan keindahan alam dari ketinggian tentu sangat menggoda untuk dieksplorasi secara keseluruhan.

Panorama yang terbentang luas dan perbukitan menoreh yang masih rindang, membuat para wisatawan tertarik untuk mencari kedamaian dari lelahnya aktivitas keseharian. Suara kicauan burung liar dan suasana yang masih asri, menjadikan Kulon Progo sebagai pilihan destinasi alam yang mengagumkan.

Namun pastikan ketika ingin berwisata di Kulon Progo, pastikan kendaraan yang akan digunakan harus dalam kondisi yang prima karena tanjakan menuju tempat wisata bisa dibilang lumayan curam bagi yang belum menguasai medan jalanan. Berikut 5 rekomendasi wisata alam dari ketinggian yang memukau untuk kita kunjungi ketika berlibur ke Kulon Progo.

Puncak Suroloyo

Credit : Outing Jogja

Puncak Suroloyo menawarkan pemandangan yang memukau karena berada di atas ketinggian 1017 mdpl dimana merupakan titik tertinggi pegunungan menoreh. Lokasinya sendiri berada di Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo. 

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini tentunya harus mempersiapkan kendaraan yang kondisinya mumpuni untuk digunakan di tanjakan yang lumayan curam. Akses jalan menuju ke destinasi wisata satu ini sudah beraspal namun ada beberapa jalan yang lumayan terjal.

Selain itu, tempat wisata satu ini juga dibuka setiap hari selama 24 jam. Namun untuk bisa sampai ke puncak harus menaiki anak tangga yang banyak dengan kanan kiri adalah jurang. Jadi pastikan ketika datang kesini harus dalam kondisi yang fit dan membawa air mineral yang cukup untuk antisipasi ketika haus di pertengahan anak tangga.

Puncak Widosari

Credit : Travel Kompas

Destinasi wisata ini juga menawarkan pesona pegunungan menoreh yang masih asri dan sejuk ketika berada di atas puncak. Meskipun puncak ini tidak terlalu tinggi, namun untuk mencapai titik paling atas harus menapaki jalan setapak yang cukup menguras tenaga.

Pagi hari menjadi waktu terbaik untuk datang kesini menikmati suasana dingin yang berbalut kabut tebal. Ketika cuaca sedang cerah, tentunya akan disuguhkan dengan pemandangan hijau yang rimbun ditambah dengan suara kicauan burung liar yang berpindah tempat.

Jika sedang musim hujan tempat wisata ini menjadi lumayan licin, jadi disarankan ketika ingin berkunjung ke Puncak Widosari disaat cuaca sedang cerah berawan. Fasilitas yang disediakan pun tentunya juga sudah memadai seperti halnya bangku yang berada diatas puncak dan bisa dipakai ketika penat berjalan.

Meskipun terasa capek selama perjalanan, ketika sudah sampai puncak akan terbayarkan dengan panorama yang menawan. Kalian juga bisa mengabadikan momen untuk berswafoto dengan latar belakang batu besar diatas bukit. Batu tersebut menjadi ikon utama dari destinasi wisata ini.

Baca Juga : Gudangnya Wisata Air Terjun Kulon Progo – Lokasi – Tiket

Gunung Gajah 

Credit : Magneto Holidays

Wisata alam yang ada di Jogja bagian barat atau lebih tepatnya di Kulon Progo memang tidak pernah ada habisnya untuk di explore. Terlebih dengan keindahan pegunungan menoreh yang masih terjaga, membuat wisatawan yang berkunjung merasakan sebuah ketenangan.

Gunung Gajah menyediakan beberapa spot foto yang kekinian dan instagramable di setiap sudutnya. Lokasi wisata ini ketika pagi hari akan muncul kabut yang menyelimuti area sekitar sehingga udara sejuk akan kalian rasakan ketika berkunjung kesini.

Jika cuaca sedang cerah, kalian akan mendapatkan panorama perkotaan dan waduk sermo yang terlihat dari area ketinggian. Tempat wisata ini pun juga menyediakan warung dengan aneka cemilan dan minuman hangat yang bisa kalian nikmati ketika sedang beristirahat.

Pulepayung 

Credit : Travel Kompas

Pegunungan menoreh memang selalu menarik wisatawan untuk merasakan kedamaian yang menyatu dengan alam. Salah satunya adalah bukit wisata Pulepayung yang menyediakan banyak spot foto instagramable dan fasilitas yang telah memadai.

Harga tiket masuknya pun juga sangat terjangkau namun tidak include dengan spot foto yang ada didalamnya. Akses jalan menuju ke destinasi ini terbilang cukup curam bagi yang belum menguasai medan. Sehingga pastikan kendaraan yang digunakan memiliki kondisi yang aman baik dari segi rem, kampas maupun mesin yang lainnya.

Ketika akhir pekan, tempat wisata ini sangat ramai oleh pengunjung dan tentunya ketika ingin mengabadikan momen dengan swafoto harus rela antri dengan wisatawan lain. Selain itu, disarankan ketika ingin mengunjungi Pulepayung harus dalam cuaca yang sedang cerah agar dapat menikmati pemandangan menoreh dari atas ketinggian.

Puncak Saka

Credit : JoSS

Puncak satu ini memiliki panorama sekaligus tempat nongkrong yang asyik karena menyajikan hamparan perbukitan yang bisa kita saksikan dari atas ketinggian. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Puncak Saka adalah pagi hari dan sore menjelang malam.

Akses lokasinya pun juga bisa dijangkau dengan kendaraan baik motor maupun mobil, namun perlu dipastikan bahwa kendaraan yang akan digunakan aman. Jalanan menuju ke destinasi wisata ini pun sudah beraspal dan terdapat papan petunjuk yang mengarahkan.

Objek wisata ini tergolong masih baru dan belum lama dibuka untuk umum yakni pada akhir tahun 2021. Selain menyuguhkan pemandangan yang mengagumkan, Puncak Saka juga menyediakan berbagai macam kuliner lokal dengan harga yang cukup terjangkau bagi semua kalangan.